Rabu 27 Nov 2019 17:08 WIB

Siapakah yang Dimaksud Golongan Kiri Menurut Alquran?

Golongan kiri menurut Alquran adalah para pendusta agama.

Rep: Zainur Mahsir Ramadhan / Red: Nashih Nashrullah
Umat muslim membaca Alquran atau tadarusan di sebuah masjid. (ilustrasi)
Foto: Antara/Jojon
Umat muslim membaca Alquran atau tadarusan di sebuah masjid. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Dikatakan di dalam Alquran bahwa ashaabul syimal (golongan kiri) sangat sengsara ketika di akhirat. Sebab, berbagai siksaan yang tak terbayangkan ada di sana.  

Hal tersebut juga dikatakan Guru Besar Agama Islam dari IPB, Prof Didin Hafiduddin. Dia menuturkan, Alquran sudah secara gamblang menjelaskan ashaabus syimaal (golongan kiri). 

Baca Juga

Menurut dia, di dalam Alquran surah al-Waqiah ayat tujuh, telah disebutkan juga, bahwa manusia akan dibagi ke dalam tiga kelompok di akhirat kelak. 

“Yaitu ashaabul maimanah (golongan kanan) ashaabul masy amah atau disebut ashaabul syimal (kiri) dan assaabiqun saabiqun (generasi terdahulu yg pertama masuk Islam)” ujar dia ketika dikonfirmasi Republika,co.id, Rabu (27/11).  

Mantan ketua umum Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Republik Indonesia itu juga memaparkan, di dalam surah yang sama dari ayat 41 hingga 57 dijelaskan juga keadaan golongan “kiri” itu di dalam neraka. 

Hal tersebut nyatanya, berkaitan dengan perilaku golongan itu ketika masih berada di dunia yang bertentangan dengan ajaran Islam. “Mereka adalah yang didunia nya berbuat kerusakan, kejahatan, kemaksiatan dan bahkan tidak mempercayai kebangkitan setelah kematian,” kata dia.  

Dia menambahkan, secara umum golongan “kiri” tersebut merupakan pendusta agama. Namun demikian, ketika ditanya terkait golongan kiri yang identik dengan sifat negatif dalam terminologi Alquran, dia menampiknya. “Jangan disamakan “golongan kiri” itu dengan kiri bahasa Indonesia. Karena ini berkaitan dengan perilaku manusia,” ungkap dia. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement