Senin 25 Nov 2019 13:08 WIB

Bersikaplah Mulia, Islam Disorot Dunia Lewat Tabiat Umatnya

Sikap mulia wujud menampilkan wajah Islam yang rahmatan lil 'alamin.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Nashih Nashrullah
Ketua PP Muhammadiyah - Agus Taufiqurrahman
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Ketua PP Muhammadiyah - Agus Taufiqurrahman

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Islam hadir menjadi rahmat bagi semesta alam maka pemeluknya harus menampilkan wajah Islam yang rahmatan lil alamin. Sebab orang di luar Islam mengenal dan melihat Islam dari ekspresi pemeluknya. 

"Intinya kita harus tampilkan Islam yang rahmatan lil alamin, Islam yang sejuk, Islam yang berkemajuan, Islam yang berdaya jadi Islam harus indah," kata Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Ustaz Agus Taufiqurrahman kepada Republika.co.id, Jumat (22/11).   

Baca Juga

Ustaz Agus menyampaikan, agama Islam mengajarkan kehidupan dengan sangat lengkap. Karena itu pemeluk agama Islam harus menjalani hidup dengan sebaik-baiknya sesuai dengan tuntunan yang diajarkan Islam. 

Ia mengingatkan, Islam adalah agama yang rahmatan lil alamin. Maka umat Islam harus menjadi cerminan dari agama yang rahmatan lil alamin. Jadi sebagai seorang Mukmin harus menampilkan Islam yang rahmatan lil alamin, contohnya dengan menjadi Mukmin yang bermanfaat di lingkungan.   

"Sebab Nabi (Muhammad SAW) mengatakan, khoirunnas anfa’uhum linnas artinya sebaik-baik manusia. adalah yang paling banyak manfaatnya untuk sesama manusia," ujarnya.     

Ia juga menyampaikan, umat Islam di Indonesia sangat banyak dan punya potensi serta kekuatannya masing-masing. Umat Islam yang banyak ini, menurutnya, kalau tidak bersatu dan bersinergi tentu tidak bisa membawa perubahan menuju yang lebih hebat.

"Karenanya kita harus bersatu dan berjamaah, sesama kelompok umat Islam jangan saling menegasikan, kalau kita bisa bersatu dan menjaga ukhuwah Islam dengan baik,” katanya. 

Ia berkeyakinan,  Insya Allah Islam menjadi kekuatan yang diperhitungkan dalam membawa Indonesia yang semakin maju.  

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement