Senin 25 Nov 2019 09:24 WIB

MTQ Kota Bandung, Ajang Mencari Bibit-Bibit Unggul Qurani

MTQ Kota Bandung diikuti peserta dari 30 kecamatan.

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan / Red: Nashih Nashrullah
(Ilustrasi) Membaca Alquran dengan pengeras suara
Foto: Republika/mgrol101
(Ilustrasi) Membaca Alquran dengan pengeras suara

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG— Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Kota Bandung ke 49 telah usai dilaksanakan sejak 18-22 November di Kompleks Masjid Al-Ukhuwah. Kecamatan Bojongloa Kidul resmi menjadi juara umum dalam kegiatan dua tahunan yang diikuti 584 peserta dari 30 kecamatan di Kota Bandung.

Juara umum, Bojongloa Kidul meraih 20 piala dari 25 golongan kategori yang dilombakan dengan total poin sebanyak 59. Sekaligus akan mewakili Kota Bandung pada MTQ tingkat Provinsi Jawa Barat.

Baca Juga

Sekretaris Daerah Kota Bandung yang juga Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ), Ema Sumarna, berharap penyelenggaraan MTQ bisa menjadi ajang pembinaan bagi para kafilah. Sekaligus bisa kembali mendapatkan juara pada MTQ tingkat Jawa Barat pada 2020 mendatang.  

"Pola pembinaan di Kota Bandung menurut saya cukup baik, saya punya optimisme yang cukup rasional," ujarnya, akhir pekan lalu. Menurutnya, pola pembinaan kafilah di Kota Bandung sudah berjalan sistematis dan berjenjang bermula dari kelurahan.  

 

Menurutnya, pola pembinaan dilakukan tidak hanya sekadar untuk memenangkan kejuaraan. Namun, dilakukan menjadi program reguler. Ia pun mengungkapkan jika pemerintah berkomitmen memfasilitasi agar perhelatan tersebut berjalan dengan lancar. 

Ema menambahkan, kegiatan MTQ bagian dari upaya mewujudkan Kota Bandung yang agamis serta meningkatkan kualitas sumberdaya yang ada. 

Camat Bojongloa Kidul, Aniya Rachmawati Soerya Poetri, mengaku bersyukur wilayah yang dipimpinnya berhasil mendapat juara pertama. Dimana, sebelumnya tiga tahun berturut-turut hanya berada di peringkat kedua. Ia menilai kolaborasi berbagai pihak turut berkontribusi terhadap kemenangan wilayahnya.  

Selain itu, Aniya mengatakan upaya pembinaan secara intensif selama dua bulan dilakukan kepada kafilah yang berkompetisi. Menurutnya, dari 32 peserta yang dikirimkan sebanyak 20 piala yang berhasil dibawa pulang. 

Sepuluh kecamatan yang menduduki peringkat sepuluh besar dalam penyelenggaraan MTQ ke 49 Kota Bandung yaitu sebagai berikut: 

  1. Bojongloa Kidul 59 poin   
  2. Mandalajati 54 poin 
  3. Bandung Kulon 29 poin 
  4. Bojongloa Kaler 26 poin 
  5. Cibeunying Kidul 20 poin 
  6. Babakan Ciparay 19 poin 
  7. Cinambo dan Lengkong 16 poin 
  8. Batununggal dan Cicendo 14 poin 
  9. Bandung Kidul dan Ujungberung 13 poin 
  10. Astanaanyar dan Coblong 12 poin 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement