Sabtu 23 Nov 2019 07:17 WIB

Mengenal Musik Nasyid Oman

Musik nasyid di Indonesia cukup populer

Rep: Imas Damayanti/ Red: Agung Sasongko
Salah satu grup nasyid unjuk kebolehan (ilustrasi).
Foto: Republika/Agung Fatma Putra
Salah satu grup nasyid unjuk kebolehan (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Musik nasyid di Indonesia cukup populer umumnya di kalangan Muslim. Hal serupa juga terjadi di Oman, di mana musik nasyid di sana cukup familiar bagi masyarakatnya dan bernafaskan pesan-pesan dakwah dan juga kebangsaan.

Political, Econimic, and Media Advisor Kedutaan Besar Oman di Indonesia, Ayman Saeid, mengatakan bahwa mayoritas musik nasyid Oman cukup populer. Tak hanya itu, nasyid juga dikenal sebagai musik kebangsaan terlebih sejak 1970 lagu kebangsaan Oman merupakan musik nasyid atau dikenal dengan nama An-Nashid al-Watani al-Umani, sebelum diubah pada 1996.

“Nasyid cukup populer dan memang lagu kebangsaan juga,” kata Ayman kepada Republika, di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Musisi sekaligus penyanyi nasyid Oman Anwal Al-Asmi mengatakan, musik nasyid Oman dari waktu ke waktu mengalami transformasi. Meski begitu pesan dakwah dan cinta tanah air terus digaungkan. Perubahan hanya terjadi pada elemen aransemen musik yang disesuaikan dengan perkembangan zaman.

Dia juga menyebut bahwa musik nasyid Oman saat ini pun terus mengikuti tren musik religi dunia yang berkembang. Untuk di kancah global, kata dia, musik nasyid Oman dikenalkan melalui beragam pameran dan juga kerja sama diplomatik antar-negara.

“Kita terus promosikan dan musik kita akan mengikuti perkembangan selera masyarakat,” ungkapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement