Jumat 22 Nov 2019 22:11 WIB

Viral Larangan Ucapan Kue, Begini Tanggapan Tous les Jours

Larangan ucapan natal, imlek dan lainnya terpajang di outlet Tous les Jours.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Nashih Nashrullah
Larangan penulisan ucapan selamat natal dan lain-lain di salah satu gerai Tous les Jours
Foto: Dok Istimewa
Larangan penulisan ucapan selamat natal dan lain-lain di salah satu gerai Tous les Jours

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Manajemen toko kue Tous les Jours Indonesia menanggapi viralnya peraturan penulisan ucapan kue yang harus berdasarkan syariat Islam. Tanggapan itu dicantumkan pada laman media sosial resmi Tous les Jours Indonesia.

Surat klarifikasi tertanggal 22 November 2019 itu mengatasnamakan manajemen Tous les Jours Indonesia. Pihak manajemen memberikan klarifikasinya soal beredarnya video, foto dan/atau informasi lainnya tentang "Peraturan Penulisan Ucapan Cake" yang terjadi di salah satu outlet di Ibu Kota.  

Baca Juga

Pertama, bahwa terkait peraturan penulisan ucapan cake sebagaimana yang terlihat pada video, foto dan/atau informasi lainnya yang sedang ramai beredar bukan merupakan peraturan resmi yang dikeluarkan manajemen Tous les Jours Indonesia.

"Kedua, bahwa dalam menjalankan kegiatan usaha kami di Indonesia, kami sangat mengedepankan toleransi keberagaman suku, agama, ras, budaya, dan/atau antar golongan," tulis surat tersebut.

 

Ketiga, pihak manajemen Tous les Jours Indonesia meminta maaf sebesar-besarnya atas ketidaknyamanan yang terjadi akibat viralnya informasi tersebut. 

"Kami sangat berterima kasih atas dukungan serta kepercayaan semua pihak kepada Tous les Jours selama ini. Demikian klarifikasi ini kami sampaikan. Atas perhatian dan kerjasama semua pihak, kami ucapkan terima kasih," ucapnya.

Sebelumnya, ada peraturan soal penulisan ucapan kue di salah satu toko yang menjadi viral di media sosial. Berikut penggalan bunyi aturan tersebut :

PERATURAN PENULISAN UCAPAN CAKE

Referensi: Sistem Jaminan Halal-Produk-Profil produk tidak boleh menjual sesuatu yang tidak sesuai syariat Islam. Store tidak boleh menulis di atas cake ucapan atau sesuatu yang bertentangan dengan syariat Islam seperti: 

  1. Ucapan Selamat hari besar agama, misal: Natal, Imlek dll
  2. Perayaan yang tidak sesuai syariat Islam, misal: valentine, haloween, dll

Store tidak diperbolehkan menulis di atas cake ucapan seperti:

  1. Ucapan selamat untuk hari jadi, misalkan pernikahan, promosi jabatan, dst
  2. Perkataan yang tidak bertentangan dengan syariat Islam, misal: i love u, you're the best. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement