Saturday, 10 Rabiul Akhir 1441 / 07 December 2019

Saturday, 10 Rabiul Akhir 1441 / 07 December 2019

Peringati Hari Pohon Sedunia, Baznas Tanam 6.500 Pohon

Jumat 22 Nov 2019 03:00 WIB

Rep: A Syalaby Ichsan/ Red: Agung Sasongko

Baznas

Baznas

Penanaman 6.500 pohon dilakukan Baznas serentak di 15 Provinsi di Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) menggelar kegiatan menanam 6.500 pohon serentak di 15 provinsi di Indonesia untuk memperingati Hari Pohon Sedunia pada 21 November 2019. Ke-15 provinsi tersebut antara lain Riau, Banten, Jawa Barat, NTB dan Sulawesi Selatan dengan penanaman beragam jenis pohon, mulai dari pohon buah hingga pohon kayu.

Di Provinsi Jawa Barat, Sekolah Cendekia BAZNAS (SCB) menjadi tuan rumah pelaksanaan kegiatan dengan dihadiri oleh Anggota BAZNAS, Emmy Hamidiyah;
Kepala Divisi Pendayagunaan BAZNAS, Randi Swandaru serta Camat Cibungbulang, Yudi Nurzaman.

Hadir pula perwakilan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, serta perwakilan Dinas Pertanian dan Kehutanan Kabupaten Bogor.

Emmy Hamidiyah mengatakan, kegiatan penanaman pohon oleh BAZNAS di Hari Pohon Sedunia ini untuk menjalankan perintah Allah seperti disebutkan dalam Al Qur’an Surat Ar Rum Ayat 41-42.

“Dalam surat Ar Rum, Allah SWT menciptakan alam semesta dan segala isinya adalah untuk dimanfaatkan oleh manusia demi kesejahteraan hidup dan kemakmuran. Sejalan dengan tujuan utama zakat, penanaman pohon ini merupakan cara BAZNAS ikut menjaga kelestarian lingkungan agar masyarakat bisa hidup lebih sejahtera, karena pohon merupakan sumber kehidupan,” katanya.

Emmy menambahkan, BAZNAS akan menjaga komitmen untuk mendukung program pelestarian lingkungan dan program penanaman pohon ini. “Melakukan penghijauan dengan menanam pohon merupakan langkah kecil yang berpengaruh besar bagi keberlangsungan dan kelestarian bumi kita,” ujarnya.

Bersama para tokoh yang hadir, para siswa Sekolah Cendekia BAZNAS turut menanam sebanyak 1.500 pohon yang terdiri dari 750 bibit buah produktif dan 750 bibit tanaman kayu.

Kegiatan penanaman pohon ini merupakan inisiasi dari Program Zakat Community Development (ZCD) BAZNAS. Tidak hanya menanam, ZCD juga akan melakukan pemantauan hasil penanaman pohon secara berkala, agar kegiatan ini memberikan nilai manfaat positif bagi kelompok mustahik, bagi perlindungan lingkungan, dan pengurangan emisi karbon sebagai bagian dari mitigasi perubahan iklim.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA