Thursday, 15 Rabiul Akhir 1441 / 12 December 2019

Thursday, 15 Rabiul Akhir 1441 / 12 December 2019

Sarekat Islam akan Fokus Sebarkan Pemikiran Tjokroaminoto

Jumat 15 Nov 2019 06:21 WIB

Rep: Zainur Mahsir Ramadhan / Red: Nashih Nashrullah

Hamdan Zoelva, Ketua Umum Laznah Tanfidziyah Syarikat Islam.

Hamdan Zoelva, Ketua Umum Laznah Tanfidziyah Syarikat Islam.

Foto: Republika TV/Joko Sadewo
Pemikiran Tjokroaminoto menjadi bagian dari perjalanan bangsa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Ketua umum Sarekat Islam (SI), Hamdan Zoelva mengatakan bahwa saat ini pihaknya akan menyebarkan kembali pemikiran Tjokroaminoto. 

Baca Juga

Hal tersebut dilakukan karena pihaknya akan menata kembali sekolah-sekolah di Indonesia, khususnya sekolah SI, dari tingkat SD hingga perguruan tinggi. 

“Mulai sekolah kebangsaan sesuai inisiasi dari pencerahan inisiator SI, akan dikembangkan pada anak-anak muda,” ujar dia ketika ditemui Republika.co.id di Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) SI, Jakarta, Kamis (14/11).

Dia menambahkan, pada 2020 hal tersebut akan mulai digencarkan SI. Bahkan hal tersebut akan memiliki gaung yang besar ke depannya.

 “Kita sudah memutuskan sejak awal saya menjabat, pada kongres pertama SI saya, SI akan kembali ke dasar pemikirannya,” tuturnya.

Pasalnya menurut dia, SI sudah terlalu lama bergerak di konstelasi politik, terlebih para anggotanya secara masif hijrah pada politik dari pada ekonomi yang seharusnya menjadi pandangan awal. 

Bahkan menurut dia, hal tersebut terjadi sejak didirikannya partai Islam pertama yang diinisiasi SI. “Namun saat kongres kemarin di Bandung, kita memutuskan untuk selesai di politik. Dan kembali fokus pada dakwah, khususnya dakwah sosial ekonomi,” kata dia.

Dia menegaskan, pada Mukernas SI kali ini, agenda utama adalah untuk mengevaluasi kinerja agar diperdalam. Terlepas dari rencana untuk kembali menyebarkan benih dan gerakan dakwah ekonomi Islam yang akan digaungkan.

“Dakwah ekonomi bertujuan untuk mengembangkan ekonomi umat, yang di dalamnya ada dakwah, dan kita juga akan melakukan dakwah pengembangan jalur ekonomi,” tuturnya.

 

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA