Sabtu 09 Nov 2019 09:33 WIB

Masjid di Amsterdam Mulai Gunakan Pengeras Suara Saat Azan

Masjid Blauwe adalah masjid pertama di Amsterdam yang pakai pengeras suara untuk azan

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Andi Nur Aminah
Azan (ilustrasi)
Foto: forsil.org
Azan (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, AMSTERDAM -- Blauwe Moskee atau Masjid Blauwe yang berada di Amsterdam untuk pertama kalinya gunakan pengeras suara untuk azan Shalat Jumat, (8/11). Dilansir di nltimes.nl, imam masjid Yassin Elforkani mengatakan satu hari sebelumnya sebuah perusahaan melakukan tes tingkat kebisingan. Hal ini dilalukan untuk memastikan suara azan yang diperdengarkan tidak melebihi batas kebisingan.

Elforkani berharap azan pertama yang menggunakan pengeras suara saat shalat Jumat dapat menjadi tradisi baru. Sejak pekan ini, azan untuk Shalat Jumat akan menggunakan pengeras suara.

Baca Juga

Dia berharap dengan hal itu membuat Islam lebih terlihat dan penduduk Amsterdam menjadi lebih terbiasa dengan agama ini. "Kami tidak ingin memprovokasi dengan ini, tetapi mencoba untuk menormalkan tradisi Islam", kata imam tersebut.

Blauwe Moskee adalah masjid pertama di Amsterdam yang menggunakan pengeras suara untuk shalat. Dewan kota Amsterdam sangat kritis tentang ide itu, dan wali kota Femke Halsema menyebut pengeras suara azan tidak perlu dan ketinggalan zaman. Tetapi mereka harus mengakui bahwa ini merupakan kebebasan beragama seperti gereja-gereja Kristen diizinkan membunyikan lonceng pada hari Ahad.n Ratna Ajeng Tejomukti

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement