Rabu 30 Oct 2019 15:00 WIB

Semangat Guru Mughni untuk Cerdaskan Umat Islam

Guru Mughni memiliki kesadaran tinggi untuk mencerdaskan kaum Muslimin.

Masjid Al Mughni   (foto : MgROL_34)
Masjid Al Mughni (foto : MgROL_34)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seperti dijelaskan dalam buku Sejarah Betawi yang ditulis Ridwan Saidi, Guru Mughni merupakan ulama Betawi generasi kelima bersama Guru Marzuki di Jatinegara, Guru Madjid di Pekojan, Guru Mansur di Jembatan Lima, Guru Mahali di Kebayoran, Habib Utsman di Petamburan, dan Habib Ali di Kwitang. Di tangan mereka inilah penyebaran dan pengajaran agama Islam di Betawi berkembang pesat.

Sebagai seorang guru, tentulah ia mempunyai banyak murid. Di antara beberapa muridnya yang kemudian menjadi guru serta ulama kenamaan adalah Guru Abdurrahman dari Pondok Pinang, Guru Kasim dari Mester, Guru Mughni dari Lenteng Agung, Guru Ilyas dari Karet, Guru Raisin, Guru Hamim dan KH M Na’im dari Cipete, H Saidi dari Blok A, KH Abdullah Suhaimi dari Mampang, KH Ismail, KH Abdurrahim, Ma’mun dari Kuningan.

Baca Juga

Menurut Dr Ahmad Lutfi Fathullah MA, direktur Pusat Kajian Hadis (PKH) Jakarta, Guru Mughni adalah salah satu ulama yang mempunyai kesadaran tinggi untuk meningkatkan kecerdasan kaum Muslimin, walaupun ruang lingkup pergerakannya terbatas hanya di wilayah yang kini disebut Jakarta Selatan, khususnya Kuningan. Dalam hal ini, banyak mata pelajaran yang diberikan, seperti fikih, tauhid, tafsir, dan lainlain.

Untuk pelajaran fikih, misalnya, sambung Lutfi yang tak lain adalah cucu ulama Betawi ini, Guru Mughni memakai kitab Safinatun Najah untuk murid dan kitab Fathul Mu’in untuk tingkat guru. Untuk pelajaran tauhid, Guru Mughni menggunakan Kifayatul Awwam dan kitab Tafsir Jalalain untuk pelajaran tafsir.

Untuk pelajaran hadis, Guru Mughni menggunakan kitab Shahih Al Bukhari dan Shahih Muslim. Sedangkan, kitab Minhajul Abidin digunakan untuk pelajaran akhlak dan untuk pelajaran tata bahasa Arab (nahwu) digunakan kitab Alfiyah.

Menurut penuturan para muridnya, sambung Lutfi yang dikenal sebagai pakar hadis di Indonesia, semua pelajaran disampaikan Guru Mughni dengan sangat fasih. Terjemahan dan uraiannya juga jelas sesuai dengan tingkat pengetahuan dan bahasa murid-muridnya.

Contoh-contoh yang disertakan dalam uraiannya, selain penuh hikmah, juga sangat dekat de n gan kehidupan murid-muridnya sehingga mereka dengan mudah bisa menangkap pelajaran yang disampaikan.

sumber : Islam Digest Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement