Sabtu, 10 Rabiul Akhir 1441 / 07 Desember 2019

Sabtu, 10 Rabiul Akhir 1441 / 07 Desember 2019

'Menikah atau tak Menikah Ternyata Sama-Sama Bikin Menyesal'

Selasa 22 Okt 2019 15:51 WIB

Rep: Joglosemar/ Red: Joglosemar

 HMJ HKI IAIN Surakarta menggelar diskusi perkawinan atau pernikahan. Dok. HMJ

HMJ HKI IAIN Surakarta menggelar diskusi perkawinan atau pernikahan. Dok. HMJ

Dengan menikah orang akan menjadi kuat.

SUKOHARJO, JOGLOSEMARNEWS.COM -- Dr Fahrudin Faiz menegaskan menikah atau tidak menikah, orang akan menyesal. Jadi jika sama-sama menyesal, maka menikahlah. Menikah, kata dia, adalah fitrah. Karena dengan menikah orang akan kuat.

Dr Fahrudin berpesan agar tidak melakukan hubungan di luar perkawinan. Karena hal tersebut mengkhianati Allah.

“Sama saja bunuh diri spiritual, dan melawan aturan Allah. Akibatnya nanti bisa dibayangi rasa bersalah, karena hidup yang paling tidak mengenakkan adalah hidup yang dikejar rasa bersalah,” ujar Dr Fahrudin dalam diskusi pernikahan yang digelar Himpunan Mahasiswa Jurusan Hukum Keluarga Islam (HMJ HKI) IAIN Surakarta, Sabtu (19/10).

Kegiatan yang berjudul “Ngaji Filsafat : Falsafah Pernikahan dalam Terminologi Cinta dan Pandangan Para Filsuf” digelar di Masjid Imam Bukhori IAIN Surakarta, Sabtu (19/10), malam dihadiri sekitar 300 orang. Nuansa santai tetapi pembicaraan yang serius menjadi ciri khas Dr. Fahrudin dalam menyampaikan materi ngajinya.

Ngaji tersebut diawali dengan pemaparan tentang quotes dari filsuf terdahulu. Dia mengatakan menurut Jallaludin Rumi, pasangan itu menjadi upaya penyucian diri dari rasa egoisme. Karena sedang diuji dengan sikap pasangan yang harus diperlalukan dengan tidak egois dan harus bijak. 

Indira, Ketua HMJ menyebutkan, kegiatan ini merupakan pertama kalinya HMJ HKI mengkaji pernikahan atau perkawinan dari sudut pandang filsafat. Pasalnya dinilai unik dan menarik untuk dipelajari.

“Selama ini kita belajar tentang pernikahan atau perkawinan dari sudut pandang hukumnya, tapi hari ini kita akan belajar tentang pernikahan itu dari sudut seorang filsuf, tentu akan menambah ilmu baru juga”, jelas Indria. Aria

The post Pilih Menikah Atau Tidak Ya?Sebab Sama-sama Bikin Menyesal Ternyata appeared first on Joglosemar News.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan joglosemarnews.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab joglosemarnews.com.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA