Kamis, 24 Rabiul Awwal 1441 / 21 November 2019

Kamis, 24 Rabiul Awwal 1441 / 21 November 2019

Belajar di Aplikasi al-Fatihah Center, Bagaimana Caranya?

Sabtu 19 Okt 2019 14:52 WIB

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Agung Sasongko

Al Fatihah

Al Fatihah

Foto: Muslimcorner.com
Penggunaan aplikasi yang disiapkan oleh AFC pun cukup mudah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Penggunaan aplikasi yang disiapkan oleh AFC pun cukup mudah. Penggunanya tinggal menghubungi admin AFC melalui nomor yang telah disediakan. Admin akan mengirimkan file aplikasi untuk diunduh oleh pengguna. Untuk sementara, apli kasi ini memang belum masuk di platform apa pun karena masih da lam tahap pengembangan.

Setelah mengunduh, pengguna diminta untuk melakukan perekaman bacaan surah al-Fatihah. Rekaman itu kemudian dikirimkan ke pada tim AFC menggunakan aplikasi tersebut. Tim AFC akan melakukan asesmen atau penilaian apakah ada kesalahan baik skala kecil maupun besar dalam pembacaan al-Fatihah. Hasil penilaian akan dikembalikan kepada pemilik akun untuk menjadi panduan dalam belajar membaca Alquran.

"Kita mengikuti cara Nabi dalam mengajarkan membaca Alquran, yakni lewat talaqqi dan musyafahah. Di mana guru membacakan dan mencontohkan, murid mendengar dan melihat yang nantinya ditirukan dan dibaca berulang-ulang. Nanti murid juga muraja'ah bersama guru," ujar Ustaz Muhammad Furqan Alfaruqy, pendiri AFC,

Pemilik akun AFC selanjutnya dapat melakukan terapi atau belajar membaca Alquran melalui aplikasi yang sudah disediakan. Mereka juga dapat mendalami Alquran lewat per temuan jika telah membuat janji atau diadakan pelatihan dari AFC. Para pengguna pun bisa menikmati layan an Quranic Listening Therapy atau QLT.

Di dalam aplikasi ini, AFC me nyediakan bacaan al-Fatihah untuk didengarkan dan dibiasakan hingga bacaan pemilik akun bisa sempurna. Adapun kapsul suara yang tersedia dalam aplikasi ini ada empat. Di antaranya kapsul suara pengondisi, kap sul al-Fatihah Misyari Rasyid Alafasi, kapsul al-Fatihah Syekh Ali al-Hudzaifi, dan kapsul al-Fatihah Syekh Ibrahim al-Akhdar.

Terakhir, bagi mereka yang dinyatakan bacaannya sudah sempurna, akan dilakukan rekaman ulang yang bisa digunakan sebagai panduan da lam sehari-hari. Rekaman ini pun bisa menjadi terapi bagi mereka. Bacaan ini tentu sebelumnya dibacakan di hadapan guru yang akan mentahqiq (membenarkan) secara langsung. Selain itu, AFC akan memberi kan sertifikat bacaan al-Fatihah yang sumbernya bersanad hingga Ra sulullah SAW.

"Layanan dakwah AFC awal ada lah edukasi tentang pentingnya mem baca Alquran dengan baik khususnya al-Fatihah, kemudian ada asesmen, terapi, perbaikan tuntas melalui talaqqi dan musyafahah, lalu sertifikasi khusus," lanjut Ustaz Furqan.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA