Thursday, 24 Rabiul Awwal 1441 / 21 November 2019

Thursday, 24 Rabiul Awwal 1441 / 21 November 2019

AFC Bantu Umat Islam Baca al-Fatihah yang Baik dan Benar

Sabtu 19 Oct 2019 12:17 WIB

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Agung Sasongko

Al Fatihah

Al Fatihah

Foto: Muslimcorner.com
AFC menilai masih banyak umat Islam yang keliru atau salah membaca al-Fatihah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menghadapi era digital, inovasi dalam pembelajaran Alquran pun kian pesat. Kemunculan beragam aplikasi memudahkan pembelajaran kitab suci. Belajar Alquran pun bahkan bisa dilakukan hanya dengan jari.

Al-Fatihah Center (AFC) menginisiasi pengembangan aplikasi untuk membantu umat memperbaiki bacaan Alquran. Ustaz Muhammad Furqan Alfaruqy, pendiri AFC, melatih bacaan al-Fatihah daripada Alquran secara keseluruhan. Ia menilai surah ini krusial dan berkaitan dengan rukun serta bacaan wajib umat Islam saat shalat.

"Bisa dikatakan hampir semua umat Islam tahu dan mengenal surah al-Fatihah. Namun, bukan berarti semuanya bisa membaca dengan baik dan benar serta sesuai dengan stan dar syariah," ujar dia kepada Republika belum lama ini.

Ustaz Furqan yang juga menekuni dakwah Alquran menemukan lebih dari 1.000 catatan kesalahan da lam membaca al-Fatihah. Kesalahan ini didapat dari bacaan al-Fatihah ditambah isti'adzah dan kalimah ta'min (aamiin).

Data ini ia dapatkan berdasarkan pengalamannya mengajar talaqqi Alquran selama lebih dari 15 tahun. Hal ini jelas menjadi keprihatinan karena kesalahan membaca al-Fatihah dapat berisiko merusak bacaan bahkan membatalkan shalat.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA