Friday, 16 Rabiul Akhir 1441 / 13 December 2019

Friday, 16 Rabiul Akhir 1441 / 13 December 2019

Global Wakaf dan HP Sekuritas Luncurkan Wakaf Saham

Kamis 10 Oct 2019 10:38 WIB

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Gita Amanda

Simbolisme penyerahan saham wakif pertama produk Wakaf Saham Global Wakaf dan Henan Putihrai.

Simbolisme penyerahan saham wakif pertama produk Wakaf Saham Global Wakaf dan Henan Putihrai.

Foto: ACT
Wakaf saham mengajak masyarakat berinvestasi sekaligus berwakaf saham.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Henan Putihrai (HP) Sekuritas menjalin kerja sama dengan Global Wakaf dalam menghadirkan layanan wakaf saham yang objeknya berupa saham syariah atau investasinya. Hal ini mengingat perkembangan pasar modal syariah di Indonesia menunjukkan kenaikan investor syariah sebesar 29 persen, berdasarkan statistik bulanan Pengembangan Pasar Modal Syariah Bursa Efek Indonesia (BEI).

Program wakaf saham ini merupakan salah satu program Divisi Pengembangan Pasar Modal Syariah Bursa Efek Indonesia (BEI) yang akan diimplementasikan pada anggota bursa yang punya Sistem Online Trading Syariah (SOTS).

Direktur HP Sekuritas Mohamad Yunus mengatakan bakal terus berinovasi membuat produk donasi dan mempermudah nasabah dalam berdonasi. HP Sekuritas juga mengembangkan fitur digital donasi yang bisa diakses melalui SOTS yakni HPX Syariah di mana investor syariah dimudahkan untuk bersedekah, berzakat, dan berwakaf saham dengan sekali instruksi.

"Peluncuran fitur digital donasi ini ditandai dengan peluncuran produk wakaf saham hari ini," kata dia dalam peluncuran layanan wakaf saham dan digital donasi HPX Syariah di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Kamis (10/10).

Baca Juga

photo
Pertukaran cinderamata sebagai simbol kerja sama antara Global Wakaf dan Henan Putihrai.

Presiden Direktur Global Wakaf Syahru Aryansyah menyatakan wakaf saham akan menjadi tempat sinergi antara empat pihak untuk melakukan transaksi jual-beli saham syariah. Empat ini Global Wakaf selaku nazir, Perusahaan Efek yakni HP Sekuritas, Bursa Efek Indonesia (BEI) sebagai regulator, dan masyarakat yang ingin melakukan transaksi saham syariah.

Syahru mengatakan, wakaf saham bertujuan mengajak masyarakat baik individu ataupun perusahaan untuk berinvestasi sekaligus berwakaf saham. Selain dapat manfaat di dunia, investor juga dapat manfaat di akhirat. Mekanisme wakaf saham dapat dilakukan terhadap saham syariah atau terhadap hasil investasinya.

"Misalkan investor membeli saham 10 lot, dari 10 lot itu, lima lotnya diinvestasikan untuk pribadi dan lima lot lagi diinvestasikan dalam bentuk wakaf. Mengapa harus wakaf? Karena ini akan menjadi bekal, investasi kita setelah dunia nyata. Jadi akan dibawa ke akhirat," tutur dia.

Syahru mengungkapkan, saham maupun hasil investasi saham yang diwakafkan tersebut akan digunakan untuk menunjang program-program wakaf produktif yang memberdayakan masyarakat atau mauquf alaih. Salah satunya program ritel Wakaf yang telah membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat di sekitar ritel itu.

Menurut Syahru, dengan program tersebut, masyarakat perlu ikut berkontribusi mewakafkan harta terbaiknya. Selain agar sahamnya bertumbuh untuk pribadi, Syahru menekankan bahwa lewat wakaf saham, investasi untuk akhirat juga bisa tercapai. Karena itu, inilah hal yang menjadi nilai tersendiri.

"Kita tidak hanya bicara profit-oriented, tapi juga luasnya manfaat atau benefit yang bisa kita salurkan dengan adanya wakaf saham. Jadi ada transforming, from profit to benefit. Semoga dengan adanya kolaborasi di program wakaf saham ini, para investor terutama investor syariah PT Henan Putihrai (HP) Sekuritas juga dapat berinvestasi dan memberi manfaat bagi sesama," ujarnya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA