Wednesday, 17 Safar 1441 / 16 October 2019

Wednesday, 17 Safar 1441 / 16 October 2019

Tujuh Pesona Muscat

Rabu 09 Oct 2019 19:19 WIB

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Agung Sasongko

Masjid Sultan Qaboos di Muscat, Oman.

Masjid Sultan Qaboos di Muscat, Oman.

Foto: Flickr
Muscat, ibu kota Oman, bisa menjadi destinasi wisata yang ideal berwisata.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Muscat, ibu kota Oman, bisa menjadi destinasi wisata yang ideal untuk mengisi liburan. Kota ini memiliki keindahan yang menunjukkan sisi modernitas tetapi tetap memelihara tradisi dan esensi budaya Arab. Muscat hanya berjarak 2,5-3 jam dari India. Kota yang terletak di Teluk Oman ini terhubung dengan baik melalui penerbangan langsung dari berbagai kota di India. 

Kota ini menjadi tujuan yang menarik lantaran di sana berdiri beberapa masjid, benteng bersejarah, museum yang tertata rapi, dan souq (pasar) yang ramai. Berikut beberapa tempat yang tidak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Oman:

1. The Royal Opera House 

Oman juga memiliki rumah opera, yang merupakan tempat digelarnya beragam peragaan kesenian seperti pertunjukan musik, seni tari, seni lakon dan berbagai kebudayaan dari Oman lainnya. Di sini, musisi kelas dunia tampil sepanjang tahun. The Royal Opera House Muscat terletak di Shati Al Qurm di distrik Muscat.

Bangunan yang kental dengan arsitektur khas budaya Timur Tengan ini dibangun pada masa Kerajaan Sultan Qaboos. Kompleks gedung opera ini terdiri dari teater konser, auditorium, taman lanskap formal, restoran mewah dan pusat seni untuk produksi opera, musik dan teater.

2. Masjid Agung Sultan Qaboos

Masjid ini dikenal karena kemegahan arsitekturnya. Masjid ini memiliki dekorasi yang mewah yang nampak dari lengkungan, pelataran kompleks masjid, lampu gantung, pintu yang dihias, lantai marmer putih, dan halaman rumput yang terawat. 

Lengkungan berukir yang elegan mengarah ke pelataran masjid dan dari sana anda dapat memasuki aula ibadah yang besar, yang sekelilingnya didekorasi dengan warna putih, biru dan emas. Selain itu, sebuah lampu kristal swarovski yang mewah menggantung dari kubah dan lantainya ditutupi karpet Persia buatan tangan seluas 4.263 meter persegi. Masjid ini diresmikan pada 2001 oleh Sultan Qaboos. 

3. Pabrik Parfum Amouage

Untuk menghirup sesuatu yang eksotis, pabrik Amouage bisa menjadi pilihan. Pabrik ini merupakan tempat di mana parfum paling berharga di dunia dapat anda temukan. Amouage adalah merek parfum buatan sendiri yang menggunakan bahan-bahan eksotis seperti kemenyan, mawar, kunyit, dan rempah-rempah untuk membuat aroma khasnya. Jika anda ikut dalam tur ke pabrik ini, anda akan mendapat penjelasan tentang proses produksi parfum tersebut. 

4. Golf untuk pecinta olahraga.

Muscat telah menjadi tujuan oalhraga golf terbaru di Oman.  Kota ini memiliki tiga lapangan golf kelas dunia, yakni Muscat Hills Golf & Country Club, Al Mouj Golf, dan Ghala Valley Golf Club. Bagi yang ingin belajar tentang permainan golf ini, ada kursus yang disediakan yang dikelola oleh instruktur golf berkualitas. Mereka akan dengan senang hati membimbing dari tahap awal. Iklim yang  paling populer untuk melakukan olahraga golf di Oman biasanya antara September dan Mei. 

5. Berlayar dan menonton lumba-lumba.

Oman adalah tempat yang menyenangkan bagi pelaut, lantaran di sana menjadi rumah bagi beberapa kapal layar kelas dunia, kapal pesiar, dan pelabuhan khusus yang menakjubkan. Dengan mengikuti tur pesisir Muscat, saat berlayar anda akan dibawa untuk menyaksikan ratusan lumba-lumba melompat di udara secar akrobatik. 

6. Jelajahi seni dan budaya Oman.

Muscat memiliki sejumlah tempat bersejarah seperti benteng dan kastil, yang menjadi landmark budaya paling mencolok di Oman. Bangunan benteng dan kastil di Muscat menjadi daya tarik utama bagi pengunjung saat ini. Anda dapat mengunjungi gerbang seremonial Sultan di Istana Al Alam. Anda bisa mendapat wawasan tentang kehidupan Oman dengan mengunjungi Museum Bait Al Zubair atau Museum Nasional.

7. Akuarium Oman.

Akuarium ini dibangun di dalam Mall of Muscat. Akuarium ini adalah yang pertama dari jenisnya di Oman dan terbesar di wilayah Teluk. Pasalnya, akuarium ini meliputi 8.000 meter persegi mal dan mencakup tiga lantai. 

Akuarium Oman menampilkan sekitar 1.000 jenis ikan Oman dan 30.000 hewan laut termasuk hiu, lobster, kura-kura, pari, karang lokal, penguin, dan buaya. Tangki utama memiliki terowongan berjalan bagi pengunjung untuk melihat dari dekat berbagai jenis ikan di dalamnya. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA