Senin 30 Sep 2019 19:11 WIB

Chevron Gandeng Dompet Dhuafa Dirikan Puskemas di Lombok

Sumbangan karyawan Chevron juga disalurkan untuk membangun fasilitas serupa di Sigi.

Rep: Rosi Handayani/ Red: Dwi Murdaningsih
Seorang ibu membawa anaknya untuk diperiksa di Puskesmas. (ilustrasi)
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Seorang ibu membawa anaknya untuk diperiksa di Puskesmas. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, LOMBOK -- Chevron menggandeng Dompat Dhuafa sebagai mitra pelaksana untuk pembangunan Pukesmas Pembantu (Pustu) di Desa Medana, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Lombok Utara, Lombok, Senin (30/9). Pembangunan Puskesmas ini untuk mempercepat pemulihan pascagempa Lombok.

"Sumbangan tersebut merupakan wujud empati dan kepedulian karyawan Chevron terhadap saudara-saudara kita di Lombok yang tertimpa bencana. Pasca bencana, fasilitas kesehatan yang memadai sangat diperlukan, terutama bagi ibu dan anak-anak," kata Sr. Vice President Corporate Affairs Chevron, Wahyu Budiarto, dalam keterangannya kepada Republika.co.id.

Baca Juga

Dana pembangunan Pustu ini berasal dari sumbangan para karyawan Chevron yang bekerja di Riau, Kalimantan Timur, dan Jakarta. Melalui sebuah insiatif internal yang diberi nama Program Chevron Berbakti, sumbangan yang terkumpul dari karyawan kemudian ditambahkan dengan jumlah yang sama oleh Perusahaan, atau dikenal dengan skema 'matching fund'.

Hasil sumbangan karyawan Chevron juga disalurkan untuk membangun fasilitas serupa di Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, yang terdampak bencana gempa bumi dan tsunami pada tahun lalu. "Kami sangat bersyukur, kerja sama program Pustu bersama Chevron ini, bergulir dengan cepat dan tidak panjang birokrasi. Mohon doanya agar proses  pembangunan  berjalan lancar dan sesuai dengan target," kata Ketua Yayasan Dompet Dhuafa, Nasyith Majidi.

Bangunan Pustu dirancang dengan struktur yang ramah gempa, mudah diakses bagi penyandang disabilitas, dan orang-orang berusia lanjut, serta memperhatikan prosedur standar keselamatan. Waktu pembangunan diperkirakan maksimal berjalan selama lima bulan.

Untuk pembangunan Pustu di Lombok ini akan dilengkapi oleh Fasiltas kesehatan menyediakan layanan dokter, perawat, dan bidan di satu lokasi merupakan Pustu pertama di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Sebelumnya Dompet Dhuafa dalam respon Lombok Recovery (Lover) telah membantu bagi bangunan baru Yayasan Pondok Pesantren Tarbiyatul Islamiyah di Desa Medana, Kecamatan Tanjung. Selain bidang pendidikan di sini, terdapat juga klinik kesehatan gratis berupa klinik apung. dan juga program ekonomi pemberdayaan lainnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement