Kamis 26 Sep 2019 17:22 WIB

BMH Salurkan Beras untuk Penghafal Quran

Pesantren Tahfizh Quran di Sumatera Utara butuh 4 ton beras per bulan.

Laznas BMH menyalurkan beras ke pesantren tahfizh di Deli Serdang, Sumatera Utara.
Foto: Dok BMH
Laznas BMH menyalurkan beras ke pesantren tahfizh di Deli Serdang, Sumatera Utara.

REPUBLIKA.CO.ID, DELI SERDANG -- Muharram sebagai momentum mengasah kepedulian, terlebih khusus kepada para yatim peghafal Quran. Melalui semangat itu pula,  Laznas Baitul Maal Hidayatullah (BMH) tidak saja memberikan beasiswa, tetapi juga dukungan secara rutin berupa kebutuhan sembako untuk para santri yang belajar di Pesantren Tahfizh Quran.

"Alhamdulillah, sebanyak 230 kg beras disalurkan hari ini. Ini merupakan kali keempat BMH menyalurkan beras untuk yatim dhuafa penghafal Quran di Sumatera Utara,” terang Kadiv Program dan Pemberdayaan BMH Sumut, Irfan Mendrofa, Selasa  (24/9).

Sebelumnya, santri penghafal Quran wilayah Langkat, Karo dan Medan juga telah menerima beras dari program Sedekah Makanan Pokok ini. "Ini merupakan ikhtiar BMH untuk dapat hadir mendukung kebutuhan logistik 1.369 santri penghafal Quran di 10 pesantren Sumatera Utara yang berkebutuhan beras mencapai 4 ton lebih per bulan," tambahnya dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Selasa (24/9).

Penyerahan beras itu dipusatkan  di halaman kantor yayasan pesantren tepatnya di Desa Bandar Labuhan,  Kecamatan  Tanjung Morawa,  Kabupaten  Deli Serdang. Beras tersebut diterima oleh salah satu pengasuh pesantren,  Ustaz  Phathunnur.

Ia mengatakan, program Sedekah Makanan Pokok yang diadakan Laznas BMH  menjadi penguat berjalannya program belajar-mengajar di pesantren. "Alhamdulilah terima kasih kepada BMH dan para donaturnya. Semoga Allah Ta’ala senantiasa memberikan keberkahan untuk kita semua,” ujarnya yang diamini oleh santri.

photo
Suasana penyaluran beras di salah satu pondok pesantren tahfizh Quran di Sumatera Utara.

Irfan mengemukakan,  sekilas program ini tampak sederhana.  Namun manfaat yang dihasilkan sangat  luar biasa. Melalui program ini, BMH turut berupaya untuk mendorong perekonomian umat. 

“Beras program ini dibeli dari petani atau pedagang muslim semisal pedagang/komunitas Muslim, dan lainnya. Sehingga, kebermanfaatannya menjadi lebih luas," ujarnya.

Irfan menagatakan, tentunya berjalannya program ini tidak lepas dari dukungan para donatur. “Mari bersama kita tingkatkan kepedulian terhadap pendidikan generasi penerus yang teguh menjaga Alquran melalui program Sedekah Makanan Pokok. Insya Allah, hadirnya program ini mampu menjaga semangat dan asa para santri,” kata irfan.

“Terimakasih,  BMH,” ujar santri serempak saat sesi akhir penyaluran.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement