Senin 16 Sep 2019 05:58 WIB

Bangkitkan Ekonomi Umat, MUI DKI Gelar Jifest 2019

Acara tersebut sekaligus dalam rangka Gema Muharram 1441 H.

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno dijadwalkan tampil mengisi seminar ekonomi dalam rangka Jifest 2019.
Foto: Republika TV/Havid Al Vizki
Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno dijadwalkan tampil mengisi seminar ekonomi dalam rangka Jifest 2019.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Majelis Ulama Indonesia (MUI) DKI  Jakarta akan kembali menggelar Jakarta Islamic Festival (Jifest). Kegiatan berkolaborasi dengan  DKM Masjid Al-Hikmah Kebayoran Lama itu akan diadakan di Masjid Al-Hikmah Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, 21-22 September 2019. Kegiatan ini juga sekaligus menyambut semangat hijrah dalam tahun baru Muharam 1441 H.

“Jifest 2019 diadakan dalam rangka membangkitkan ekonomi umat. Momentum ini diharapkan akan mempemersatukan masyarakat Jakarta dalam spirit ‘Menuju Kebersamaan, Merajut Tali Ukhuwah, yang  menjadikan Maju kotanya dan Berkah warganya’,” kata Ketua MUI DKI Jakarta, KH. Munahar Muchtar melalui rilis yang diterima Republika.co.id, Ahad (15/9).

Ia menambahkan, puncak kegiatan ini adalah Tabligh Akbar, Ahad (22/9) yang akan dihadiri oleh lebih dari 5.000 jamaah majelis taklim dari seluruh DKI Jakarta. “Tabligh Akbar ini insya Allah akan dihadiri oleh gubernur DKI Jakarta, H Oma Irama, Ustazah Bahijah, para duta besar negara sahabat, para habib dan ulama, Kapolda Metro Jaya, Pangdam Jaya, para pemimpin ormas tingkat nasional, juga para walikota dan undangan lainnya,” paparnya.

Kegiatan ini juga akan diramaikan dengan adanya bazaar UMKM yang akan menyajikan aneka makanan dan minuman halal, produk kerajinan lokal, serta menyajikan karya inovatif dalam menyelesaikan masalah polusi udara di Jakarta. “Secara khusus, kami hadirkan pameran difabel, sebagai wujud kepedulian MUI terhadap masyarakat penyandang difabelitas,” tuturnya.

Ketua DKM Al-Hikmah, H M Rudiansyah Gasim  SH, SE, MM menyebutkan, pada hari pertama, Sabtu (21/9),  Jifest 2019 akan menghadirkan  tiga  seminar dan satu  pelatihan. “Untuk seminar ekonomi, Insya Allah akan hadir Bang Sandiago Uno yang akan membahas tentang implementasi ekonomi kerakyatan untuk warga Jakarta,” kata Rudiansyah.

Jifest juga menggelar Lomba Kaligrafi tingkat DKI Jakarta dan lomba mewarnai Tingkat TK dan RA tingkat DKI Jakarta. “Lomba ini insya Allah akan diikuti oleh 500 peserta,” ujarnya.

Ia menambahkan, Jifest juga akan menghadirkan kesenian berupa lagu religi bersama Soneta Grup, Gambang Kromong Bang Madid, dan kesenian lainnya.

Munahar mengemukakan, Jifest 2019 didukung oleh berbagai pihak, seperti Pemda DKI, Walikota Jakarta Selatan, BUMD dan para sponsor yang dengan antusias mendukung acara ini. “Acara ini terbuka untuk semua warga Indonesia dari berbagai agama dan suku bangsa, termasuk bagi saudara-saudara kita dari Papua. Kami berterima kasih kepada semua pihak yang mendukung acara ini,” kata Munahar.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement