Rabu, 17 Safar 1441 / 16 Oktober 2019

Rabu, 17 Safar 1441 / 16 Oktober 2019

Geriap Tabligh Akbar Ustadz Abduh Tuasikal di Gunung Kidul

Ahad 15 Sep 2019 05:03 WIB

Red: Muhammad Subarkah

Suasana Daurah atau pengajian di Pesntren Ustaz Muhammad Abduh Tausikal,

Suasana Daurah atau pengajian di Pesntren Ustaz Muhammad Abduh Tausikal,

Foto: Ilham Bintang
Para artis dan ribuan orang selalu hadir dalam tabligh akbar Ustadz Abduh Tuasikal

Oleh: Ilham Bintang, Jurnalis Senior dan pengasuh Cek @ Ricek

Tidak sulit mencari Pesantren Darush Sholihin, meskipun lokasinya terpencil di  Girisekar, Dusun Warah, Panggang, Gunung Kidul, Yogyakarta. Begitulah pengalaman kami ketika berkunjung  pertama kali ke sana Jumat (14/9) petang.

Pesantren itu  milik Ustadz Muhammad Abduh Tuasikal, S.T., M.Sc.. Sangat mencolok di desa itu. Hanya satu-satunya. Selain besar membentang di tepi jalan di atas bukit. Bagunannya tiga tingkat amat  megah dengan dominasi  cat warna putih.

Pesantren ini menjadi kebanggan warga di sana karena kegiatan-kegiatannya melibatkan  seluruh masyarakat. Pesantren ini dilengkapi mesjid dan TPA, juga toko penjualan buku-buku. “ Di sini tidak ada yang menginap. Santrinya dari masyarakat  di lingkungan desa ini,” ujar Ustadz.  Namun,jumlah jamaah bisa membengkak setiap kali pesantren ini menyelenggarakan acara Daurah atau  Tabligh Akbar. Jamaahnya  datang dari  Yogyakarta, bahkan dari Jakarta.

photo
Pesantren Darush Sholihin asuhan Ustaz Muhammad Abduh Tuasikal di  Girisekar, Dusun Warah, Panggang, Gunung Kidul, Yogyakarta.

Ustadz memang rutin mengadakan kajian di Jakarta sehingga punya jamaah yang fanatik. Seperti saat ini, Darush Sholihin tengah menyelenggarakan Daurah Islamiyah mengkaji kitab “ 105 Prinsip Akidah Imam Ath Thaway”. Kitab itu hasil terjemahan  Ustadz Abduh Tuasikal dari karya. Syaikh Dr Muhammad Bin Abdurrahman Al Khumais.
Daurah ini  diikuti sekitar 800 jamaah undangan, berlangsung selama empat hari, Kamis (12/9) hingga Sabtu (14/9) malam. Jamaah banyak dari Jakarta. Bahkan ada beberapa artis seperti Eva Arnaz, Cici Tegal, Uki Noah,  Mediana Hutomo. Ada juga pengusaha perjalanan haji dan umrah, Hj Linda Syamsuddinn

Selama Daurah, Ustadz Tuasikal tampil dalam banyak seksi, dari subuh hingga ba’da Isya,  khusuk mengkaji kitab bersama jamaah selama tiga hari tiga malam. Di seling dengan acara Ngobrol Santai  Angkringan. Saat sore dilangsungkan di pantai, malam hari di aula besar yang masih berada di dalam komplek pesantren.

Daurah ini akan ditutup Minggu (15/9) pagi. dengan Tabligh Akbar Bersama Ustadz Dr. Syafiq Riza Basalamah.  Diperkirakan, sekitar 15 ribu jamaah akan mengikuti Tabligh akbar itu.

Gambar mungkin berisi: satu orang atau lebih, keramaian dan luar ruangan

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA