Rabu 11 Sep 2019 22:25 WIB

Bikers Brotherhood MC Indonesia Wakafkan Sumur di Lombok

BBMC bergabung dalam gerakan #IndonesiaDermawan bersama ACT.

Club House Bikers Brotherhood MC (BBMC) akan bergabung dalam Gerakan  Nasional #IndonesiaDermawan sebagai perayaan hari jadi ke-31.
Foto: act
Club House Bikers Brotherhood MC (BBMC) akan bergabung dalam Gerakan Nasional #IndonesiaDermawan sebagai perayaan hari jadi ke-31.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG- Aksi Cepat Tanggap (ACT) menginisiasi Gerakan Nasional #IndonesiaDermawan yang bertujuan  menjadikan kegiatan kedermawanan sebagai menjadi rutinitas. Merespons hal ini, Club House Bikers Brotherhood MC (BBMC) akan bergabung dalam Gerakan  Nasional #IndonesiaDermawan sebagai perayaan hari jadi ke-31. BBMC mengajak anggotanya untuk melakukan kolaborasi kemanusiaan, bertajuk "Recovery Lombok".

Branch Manager ACT Jawa Barat, Renno I. Mahmoeddin mengatakan, dalam kolaborasi kemanusiaan bersama BBMC ini kita menawarkan program solutif jangka panjang yaitu dengan membangun sumur wakaf. Sumur ini akan dibangun di Dusun Ende, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

Baca Juga

"Saat musim kemarau, sumur di Ende kering dan diperparah dengan instalasi pipanisasi air yang belum tersambung hingga tidak bisa digunakan. Info dari tim lapangan kami bahkan masyarakat harus mengeluarkan biaya Rp 60.000,00 untuk keperluan mereka membeli air,” ungkap Renno.

Sebagai gambaran, Dusun Ende merupakan salah satu dusun wisata dan pertanian. Sayangnya, pertanian di wilayah ini hanya bisa dilakukan setahun sekali ketika musim hujan.

Ketua Umum Bikers Brotherhood MC, Jhoni Achmad Zakaria atau dikenal sebagai Jhoni Be Good menambahkan dalam ulang tahun ke-31 ini, komunitasnya akan berkumpul di Lombok tepatnya di Kila Pool Villa Club Senggigi Lombok pada 20-21 September 2019.

"Tidak hanya yang ada di Indonesia namun juga akan melibatkan chapter dari Amerika, Malaysia dan Singapura serta semua klub-klub motor lainnya, diperkirakan 500 – 1000 bikers akan menghadiri acara ini,” kata dia. 

Keberangkatan BBMC ke Lombok juga akan membagikan 31 paket ibadah (sarung, mukena, sajadah, serta Alquran) yang akan dibagikan di empat masjid. Menurut Johni, hingga saat ini kunjungan wisatawan ke Lombok belum kembali ke jumlah normal pasca bencana alam setahun lalu.

“Jadi, kami membantu masyarakat, dan melaksanakan hobi kami sekaligus, yaitu momotoran (bermotor ria) artinya ini kan klub hobi (senang-senang) masa kita saja yg senang-senang sudah sepatutnya masyarakat yang kami kunjungi pun merasa senang dengan kehadiran kita,” ungkapnya.

Selain pembangunan sumur wakaf, Bikers Brotherhood MC Indonesia dalam wujud nyatanya melalui 'Respect One Brotherhood For World' berkolaborasi dengan ACT bersama-sama melakukan aksi penggalangan dana untuk isu-isu kemanusiaan atau kemiskinan yang terjadi. Momentum ini juga sebagai bentuk gerakan #IndonesiaDermawan yang digagas oleh ACT.

"Gerakan ini menandakan bahwa bagi masyarakat kita sudah terbiasa dengan budaya gotong-royong, patungan atau istilah Sundanya, udunan. Semoga dengan gerakan ini sinergi dengan BBMC Indonesia bisa menginspirasi banyak pihak untuk melakukan kegiatan yang sama yaitu saling berbagi, tolong menolong bagi saudara yang membutuhkan,” ungkap Renno,  ACT Jabar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement