Wednesday, 19 Muharram 1441 / 18 September 2019

Wednesday, 19 Muharram 1441 / 18 September 2019

Ragam Ekstrakulikuler di Pesantren Al Kaaffah Kuningan

Selasa 10 Sep 2019 17:34 WIB

Rep: Andrian Saputra/ Red: Nashih Nashrullah

Lingkungan Pondok Pesantren Al Kaaffah Kuningan.

Lingkungan Pondok Pesantren Al Kaaffah Kuningan.

Foto: Republika/Andrian Saputra
Santri Pesantren Al Kaaffah bisa mengikuti berenang hingga sains klub.

REPUBLIKA.CO.ID, KUNINGAN –  Pondok Pesantren Al Kaaffah Kuningan mempunyai banyak ekstrakurikuler yang menarik bagi santri. Di area pesantren seluas 2 hektare itu, pesantren memiliki kolam renang yang digunakan para santri untuk mengikuti ekstrakurikuler berenang. 

Selain itu terdapat juga kegiatan tambahan lainnya di luar rutinitas belajar santri seperti futsal, memanah hingga sains klub. Pesantren ini kedepannya bahkan berencana mengadakan ekstrakurikuler robotik bagi para santri. 

Baca Juga

Menurut Pimpinan Pesantren Al Kaaffah, Abu Hasybi adanya beragam ekstrakurikuler di pesantren merupakan upaya pesantren untuk mengembangkan minat dan bakat para santri. 

Lebih dari itu, dengan adanya kegiatan itu juga menjadi pengusir rasa jenuh santri dengan rutinitas belajar seharian penuh. 

“Karena kecerdasan anak tidak hanya di akademik saja, kita berupaya menggali bakat mereka selain untuk menjembatani agar tak jenuh,” Ustaz Hasybi saat berbincang dengan Republika,co.id pada Selasa (10/9).

Pesantren juga menekankan santri menguasai bahasa Arab dan Inggris. Selain itu juga menargetkan santri per tiap jenjang minimal hafal 10 juz Alquran. 

Selain itu, menurut Ustaz Habsyi, para santri Al Kaaffah terutama tingkat SMA nantinya akan didorong untuk bisa melanjutkan studi ke perguruan tinggi baik di dalam maupun luar negeri. 

photo

Lingkungan Pondok Pesantren Al Kaaffah Kuningan

Karena itu, kedepanya pesantren Al Kaaffah berencana dari awal mengajarkan santri jenjang SMA soal-soal yang biasa diujikan dalam seleksi penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi. 

Pesantren Al Kaaffah memiliki pengajar lulusan pesantren dan perguruan tinggi ternama baik dalam dan luar negeri. Para pengajar rata-rata merupakan penghafal Alquran. 

Pesantren ini berdiri pada 2016. Lokasinya berada di Desa Wilanagara, Kecamatan Luragung, Kuningan. Pesantren juga mempunyai lembaga pendidikan formal tingkat taman kanak-kanak dan SMP. 

Pesantren juga tengah menyiapkan jenjang pendidikan SMA. Bahkan rencananya, Pesantren Al Kaffah juga akan membuka perguruan tinggi kedepannya. Hingga saat ini, terdapat sebanyak 40 santri yang mondok di pesantren ini. Andrian Saputra

 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA