Selasa, 22 Rabiul Awwal 1441 / 19 November 2019

Selasa, 22 Rabiul Awwal 1441 / 19 November 2019

Ini Kiprah Desa Berdaya ZIS Indosat Cibeber Cimahi

Jumat 06 Sep 2019 09:12 WIB

Red: Dwi Murdaningsih

ZIS Indosat bekerja sama dengan Rumah Zakat pembinaan desa berdaya di Cibeber Cimahi.

ZIS Indosat bekerja sama dengan Rumah Zakat pembinaan desa berdaya di Cibeber Cimahi.

Foto: rumah zakat
Program yang telah terlaksana sampai saat ini telah memberikan dampak positif.

REPUBLIKA.CO.ID, CIMAHI -- ZIS Indosat bekerja sama dengan Rumah Zakat pembinaan desa berdaya di Cibeber Cimahi. Desa berdaya merupakan sebuah program pemberdayaan masyarakat desa melalui aktivitas pembinaan dan pendampingan secara berkala yang mendorong ke arah kemandirian warga.

Salah satu Desa yang mendapatkan intervensi program ini yaitu berada di Kelurahan Cibeber Kecamatan Cimahi Selatan, Cimahi. Desa Berdaya Cibeber merupakan wilayah Desa Berdaya kolaborasi antara Rumah Zakat bersama dengan ZIS Indosat yang saat ini telah memasuki tahun implementasi kedua sejak pertamakali dilaunching pada tahun 2018 lalu.

Di Desa Berdaya Cibeber Cimahi terdapat beberapa program yang dilaksanakan. Di antaranya program pembinaan masyarakat, program pemberdayaan ekonomi dan program pendidikan.

“Program-program yang telah terlaksana sampai saat ini telah memberikan dampak positif bagi masyarakat,” kata Suparman yang merupakan Fasilitator Desa Berdaya Cibeber Cimahi.

Sebagai contoh salah seorang penerima manfaat program ekonomi yaitu Usep Kosasih  yang memiliki usaha berjualan kelapa. Sebelum mendapatkan pendampingan serta bantuan modal usaha, perhari rata-rata penjualan kelapa pak Usep maksimal 20-30 butir kelapa.

Kini penjualannya telah meingkat dengan rata-rata penjualan perhari menjadi 30-50 butir kelapa. Selain itu kini tempat usaha Usep juga lebih layak dan tertata rapi. Ada dengan penambahan identitas usaha yang menjadikan tempat berjualannya lebih dikenal oleh konsumen.

Selain program bantuan ekonomi kepada penerima manfaat perorangan, kini desa berdaya ZIS Indosat telah mulai memebentuk Koperasi yang bernama Koperasi Lestari Berdaya. Diharapkan dengan wadah koperasi ini akan semakin banyak masyarakat Cibeber yang terbantu dan berdaya.

Baca Juga

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA