Rabu 04 Sep 2019 11:41 WIB

Al-Sijzi Pun Andal di Bidang Matematika

Al-Sijzi tak hanya terkenal dengan temuan dalam bidang astronomi.

Ilmuwan Muslim berhasil memberikan penemuan yang sangat bermanfaat bagi kehidupan penerus saat ini.
Foto: Photobucket.com/ca
Ilmuwan Muslim berhasil memberikan penemuan yang sangat bermanfaat bagi kehidupan penerus saat ini.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Al-Sijzi tak hanya terkenal dengan temuan dalam bidang astronomi. Tapi, ia juga merupakan salah satu ahli matematika ternama. Saat bekerja di Shiraz, Al-Sijzi tidak hanya menghabiskan waktu untuk memperdalam ilmu astronomi.

Di sana, Al-Sijzi juga banyak menuliskan karya-karya matematika. Selain menuliskan buah pemikiran sendiri, ia juga menyalin karya ilmuwan lainnya. Misalnya, ia menyalin karya Tsabit bin Qurra yang berupa risalah segi empat lengkap.

Baca Juga

Menurut laman Muslimheritage, Al-Sijzi dikenal dengan pemecahannya mengenai masalahmasalah geometri. Ia bahkan menuliskan risalah terkait masalah tersebut. Sejumlah catatan mengungkapkan, ada sekitar 20-an risalah yang ditulis Al-Sijzi tentang matematika.

Di antara risalah yang terkenal adalah Introduction to Geometry dan The Book on Makinh Easy the Ways of Deriving Geometrical Figures, tentang irisan lingkaran dan kurva, parabola, ataupun hiperbola.

Al-Sijzi juga mengganti teori persimpangan gerak sebuah sudut dengan menggunakan pemecahan geometri. Dalam sebuah risalahnya mengenai lingkaran, dia menuliskan tentang pengukuran lingkaran. Di sisi lain, dalam risalahnya itu, ia menuangkan 12 teorema. Teorema tersebut menguraikan penyelidikannya tentang lingkaran.

Termasuk, sebuah lingkaran besar yang berisi satu hingga tiga lingkaran kecil. Hasil karyanya itu membuat ia menjadi salah satu ahli matematika ternama di dunia Islam dan wilayah lainnya. Al-Sijzi mengungkapkan ide-ide seperti itu pada sekitar 969 Masehi, saat itu ia masih tergolong berusia sangat muda. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement