Rabu 28 Aug 2019 09:09 WIB

Sherbet, Minuman Ringan Khas Dunia Islam

Minuman ringan yang populer di dunia Islam itu terbuat dari jus atau ekstrak bunga

Aneka minuman serbat khas Turki yang berasal dari masa Kesultanan Ustmani
Foto: hurriyetdailynews.com
Aneka minuman serbat khas Turki yang berasal dari masa Kesultanan Ustmani

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bisnis minuman ringan alias soft drink kini begitu menggurita. Sebagian besar binis minuman ringan ternyata dikuasai perusahan Eropa dan Amerika.

Ternyata soft drink berawal dan berakar dari komunitas masyarakat Islam di era kejayaan. Minuman ringan yang pertama kali dikembangkan di dunia bernama Sherbet.

Baca Juga

Minuman ringan yang populer di dunia Islam itu terbuat dari jus atau ekstrak bunga atau rempah-rempah dan ditambah gula serta air. Bentuknya mirip sirup dan diminum dengan ditambahi es.

Sherbet begitu populer hingga awal abad ke-20 M. Pada era itu, masyarakat dunia kesulitan untuk mendapatkan buah-buahan segar.

Sherbet berasal dari bahasa Arab shariba atau meminum. Konon, kata syrup juga berasal dari sherbet. Masyarakat Turki Usmani menyeruput sherbet sebelum dan ketika makan. Di Turki, sherbet disajikan dengan beragam makanan khas Ottoman.

Selain masyarakat Muslim Turki, orang Mesir juga memiliki kebiasaan meminum sharaab atau sherbet. Orang Mesir memiliki beragam jenis sherbet atau minuman manis.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement