Selasa 27 Aug 2019 04:08 WIB

Sumbangsih Mughal Islam di Kota Megah Dhar, India

Kota Dhar pernah menjadi salah satu pusat kejayaan Islam di India.

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Nashih Nashrullah
Salah satu sudut Kota Dhar, India.
Foto: India.com
Salah satu sudut Kota Dhar, India.

REPUBLIKA.CO.ID, DHAR – Madhya Pradesh, Dhar, India. Kota ini dulunya adalah ibu kota Malwa sampai Mandu menjadi pusat utamanya. 

Kota ini dikenal mulai benteng, kuil tua, masjid hingga air terjun dan aliran air, Dhar adalah perpaduan yang luar biasa dari keajaiban arsitektur dan keindahan alam.

Baca Juga

Dilansir di india.com, Senin (26/8), terletak di sekitar 908 kaki di atas permukaan laut, budaya dan sejarah Dhar adalah daya tarik wisatawan dari seluruh negeri. 

Kota ini diperintah Dinasti Paramara untuk waktu yang paling lama dan kemudian para Sultan Delhi selama Periode Mughal, Dhar adalah harta karun.

Salah satu daya tarik yang begitu menarik adalah Bhoj Shala, yang pada dasarnya adalah masjid. Masjid ini dibangun Raja Bhoja pecinta sastra yang hebat. 

Prasasti yang indah telah terukir di dinding masjid. Arsitektur lainnya  adalah Masjid Lath dan Gua Bagh. Gua Bagh, khususnya, terkenal dengan lukisan gua dan arsitektur cadasnya, diyakini telah ada selama ribuan tahun sejak periode Gupta. Masjid Lath, juga dikenal sebagai Masjid Pilar, dibangun Dilawar Khan pada abad ke-15.  

Benteng Dhar, monumen bersejarah lainnya, tidak dapat diabaikan karena keindahan dan kemegahannya yang luar biasa. Beberapa benteng paling megah di India ditemukan di Madhya Pradesh dan ini jelas salah satu di antaranya. 

Bagi penggemar sejarah, kunjungan ke Museum Dhar adalah suatu keharusan.  Museum ini memiliki sejumlah patung dan barang antik dari zaman kuno. Banyak tempat yang dapat dikunjungi termasuk Makam Shaykh Changal, Kamal Maula Campus, Cenotaphs dan Old City Palace dan Jheera Bagh Palace.

Bandara terdekat dari Dhar adalah Bandara Internasional Devi Ahilya Bai Holkar di Indore, sekitar 64 kilometer jauhnya 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement