Senin 26 Aug 2019 12:48 WIB

Dompet Dhuafa Bangun Sekolah Dai

Sekolah Da'i ini didirikan untuk melahirkan da'i yang mempuni secara keilmuan.

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Dwi Murdaningsih
Ilustrasi Dai
Foto: Foto : MgRol112
Ilustrasi Dai

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dompet Dhuafa menggagas program Sekolah Da'i. Koordinator Sekolah Da'i Dompet Dhuafa, Hardy Agusman, mengatakan Sekolah Da'i ini didirikan untuk melahirkan da'i yang mempuni secara keilmuan dan menunjang nilai kemanusiaan.

"Seorang da'i harus menjadi garda terdepan dalam memecahkan persoalan umat. Maka perlu membentuk keseimbangan antara kompetensi dalam syiar agama, sekaligus mampu menjawab kebutuhan dasar masyarakat, yaitu pemberdayaan ekonomi maupun pendidikan," kata Hardy, dalam keterangan yang diterima Republika.co.id, Senin (26/8).

Baca Juga

Di bawah naungan Corps Dai Dompet Dhuafa (Cordofa), ia mengatakan program Sekolah Da'i akan mulai terlaksana pada Oktober 2019 mendatang untuk angkatan pertama yang berlokasi di Depok. Menurutnya, skema pendidikan dalam program tersebut berbasis kurikulum yang mencakup aspek agama, personal development, model pemberdayaan ekonomi dan pengembangan keahlian sesuai kebutuhan masyarakat. Sejumlah fasilitas pun telah disiapkan berupa asrama, akomodasi, dan bebas dari pungutan biaya.

"Pelajar Sekolah Dai atau kami menyebutnya mahasantri akan menempuh pendidikan selama empat bulan dan satu tahun masa pengabdian. Pada masa pengabdian, da'i akan berdakwah di daerah 3T (tertinggal, terdepan, dan terluar)," ujarnya.

Hardy mengungkapkan, upaya mendirikan program Sekolah Da'i ini bertujuan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, khususnya mereka yang berada di kawasan yang luput dari perhatian. Saat ini, Dompet Dhuafa mengumumkan program Sekolah D'i tersebut secara daring melalui website Cordofa.

Dompet Dhuafa membuka kesempatan kepada masyarakat luas untuk bergabung menjadi Mahasantri Sekolah Dai. Pendaftaran sekolah ini akan ditutup pada 15 September 2019. Calon mahasantri yang lulus berkas akan mengikuti seleksi langsung atau tes tulis serta wawancara pada akhir bulan September 2019.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement