Selasa 20 Aug 2019 16:45 WIB

Desa Berdaya Rayakan HUT Ke-74 RI

Perayaan diikuti 10 dusun yang masing-masing mengeluarkan produk terbaiknya.

Desa Berdaya Rumah Zakat merayakan HUT RI ke-74.  Jika di Desber Kedungumpul ada Expo, di Desa Berdaya Keyongan, Kecamatan Nogosari, Kabupaten Boyolali ada Festival Kemerdekaan. Di acara tersebut disampaikan edukasi tentang pola makan sehat dan dibuka stand cek kesehatan gratis bagi para Lansia yang meliputi, cek tensi, kolesterol juga gula darah. Suwardi, selaku Kepada Desa Keyongan mengucapkan banyak terima kasih kepada Rumah Zakat yang telah banyak berperan untuk menjaga kesehatan para Lansia.
Foto: Rumah Zakat
Desa Berdaya Rumah Zakat merayakan HUT RI ke-74. Jika di Desber Kedungumpul ada Expo, di Desa Berdaya Keyongan, Kecamatan Nogosari, Kabupaten Boyolali ada Festival Kemerdekaan. Di acara tersebut disampaikan edukasi tentang pola makan sehat dan dibuka stand cek kesehatan gratis bagi para Lansia yang meliputi, cek tensi, kolesterol juga gula darah. Suwardi, selaku Kepada Desa Keyongan mengucapkan banyak terima kasih kepada Rumah Zakat yang telah banyak berperan untuk menjaga kesehatan para Lansia.

REPUBLIKA.CO.ID, TEMANGGUNG -- Tak mau ketinggalan, ratusan Desa Berdaya Rumah Zakat di seluruh Indonesia turut memeriahkan HUT ke-74 RI. Berbagai lomba, refleksi malam 17-an, pawai, hingga upacara diadakan di Desa Berdaya.

Salah satunya, Anantiyo Widodo, Fasilitator Desa Berdaya Desber Kedungumpul menjadi Ketua Panitia Expo Desa pada 17-18 Agustus 2019. Kegiatan yang disupport Rumah Zakat ini bertempat di Gedung Serbaguna Desa Kedungumpul, Kecamatan Kandangan, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah dan diikuti oleh 10 dusun yang masing-masing mengeluarkan produk-produk terbaiknya.

Baca Juga

Kegiatan yang baru pertama kali diadakan ini dihadiri oleh Samsul Hadi, Camat Kandangan. Dalam sambutannya, ia berpesan agar program pemberdayaan ekonomi lebih diutamakan. Samsul Hadi juga memberikan apresiasi atas program-program pemberdayaan yang dilakukan oleh Rumah Zakat di Desa Kedungumpul. Selain expo, Anantyo Widodo juga menginisiasi berbagai lomba yang melibatkan anak-anak, remaja hingga orang tua, dari lomba pidato hingga jalan sehat.

photo
Desa Berdaya Rumah Zakat merayakan HUT ke-74 RI.

Jika di Desber Kedungumpul ada Expo, di Desa Berdaya Keyongan, Kecamatan Nogosari, Kabupaten Boyolali ada Festival Kemerdekaan. Di acara tersebut disampaikan edukasi tentang pola makan sehat dan dibuka stand cek kesehatan gratis bagi para Lansia yang meliputi, cek tensi, kolesterol juga gula darah. Suwardi, selaku Kepada Desa Keyongan mengucapkan banyak terima kasih kepada Rumah Zakat yang telah banyak berperan untuk menjaga kesehatan para Lansia.

Di Desa Berdaya Mujur, dilaksanakan dengan cara yang berbeda. Asih Sholihah, Fasilitator Desa Berdaya Desa Mujur didapuk sebagai juri lomba mengkafani jenazah yang diikuti oleh ibu-ibu majelis taklim. “Ini bagian dari refleksi kita ketika bertambah umur, jadi di antara meriahnya lomba-lomba 17-an, kita mengadakan lomba ini. Agar terpikir juga, sudah sejauh apa manfaat kita untuk sekitar sebelum nanti dijemput ajal,” ujar Asih.

Selain meriahnya perayaan HUT RI tersebut, satu lagi kabar gembira datang dari Fasilitator Desa Berdaya Desa Bandar, Kab. Pacitan, Eni Purwanti. Ia mendapat Juara III “Bidang Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Lingkungan 2019” tingkat Provinsi Jawa Timur. Dalam lomba tersebut Eny mengikutkan Kelompok Wanita Tani Pengolah Jahe binaan Rumah Zakat.

“Ini merupakan hadiah terindah di hari kemerdekaan, terima kasih terutama untuk Rumah Zakat dan kepada teman-teman Kelompok Wanita Tani yang telah berjuang bersama dalam proses lomba ini,” ujar Eni seperti dalam siaran persnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement