Senin 19 Aug 2019 13:31 WIB

Karya-Karya Al-Jahiz

Al-Jahiz telah mengarang banyak buku.

Rep: Mozaik Republika/ Red: Agung Sasongko
Book of Animal, Al Jaiz
Foto: Muslimheritage.com
Book of Animal, Al Jaiz

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Al-Jahiz telah mengarang banyak buku. Kitab al-Hayawan merupakan salah satu karyanya yang paling terkenal. Al-Jahiz merupakan pria hebat yang bisa membuktikan bahwa orang dari keluarga miskin, bukan halangan untuk mendapatkan pendidikan tinggi, lebih dari 12 abad yang lalu.

Bukunya Kitab al Hayawan merupakan pengaruh yang hebat dalam ilmuwan Muslim maupun Eropa, seperti Lamark and Darwin.

Baca Juga

Kitab al-Hayawan merupakan ensiklopedia tentang beragam jenis binatang yang terdiri atas tujuh volume. Dalam ensiklopedia itu, al-Jahiz menulis sekitar 350 jenis hewan. Dalam kitab itu, ia meng ungkapkan sederet teori penting dalam biologi, seperti evolusi, struggle for existence, rantai makanan, serta seleksi alam.

Kitab ini dipandang sejarawan sains sebagai karya besar dan terpenting yang telah disumbangkan al-Jahiz bagi peradaban manusia modern. Secara khusus, al-Jahiz telah menguraikan teori evolusi dalam bukunya itu. Teori itu didasarkan pada pengaruh lingkungan terhadap binatang.

Selain itu, ia juga sudah memikirkan dampak lingkungan terhadap keberlangsungan hidup binatang. Inilah cikal bakal teori struggle for existence. Pada buku itu pula, al-Jahiz menguraikan ide seleksi alam dan rantai makanan.

‘’Binatang terlibat dalam sebuah perjuangan untuk mempertahankan hidupnya; mencari makanan, menghindar jadi mangsa, dan ber kembang biak. Faktor-faktor lingkungan memengaruhi organisme untuk mengembangkan karakteristik baru guna menjamin tetap bertahan hidup, kemudian bertransformasi menjadi spesies baru,’‘ demikian bunyi teori stuggle for existence yang tertulis dalam Kitab al-Hayawan.

Teori-teorinya yang brilian tentang ilmu hewan itu membuat al-Jahiz layak ditabalkan sebagai peletak dasar zoologi modern. 

Kitab al-Bukhala Sebuah kumpulan cerita tentang ketamakan. Dipaparkan dengan gaya penulisan yang humoris dan menyindir. Kitab ini merupakan salah satu contoh gaya menulis prosa al-Jahiz sesungguhnya. Kitab itu juga mengupas tentang psikologi manusia. Dalam kitab itu, al- Jahiz coba menyindir guru sekolah, pengemis, penyanyi, dan penulis yang tamak. Buku itu dinilai sebagai karya sastranya yang paling bagus.

Kitab al-Bayan wa al-Tabyin Ini adalah kitab tentang retorika yang ditulis al-Jahiz. Dalam kitab itu, dia memaparkan tentang teknik pidato, syair kepahlawanan, gaya berbicara, teknik berdebat, serta tips-tips berkomunikasi lainnya. Kitab Moufakharat al Jawari wal Ghilman Dalam bahasa Arab, kata jawari merupakan bentuk jamak dari jariya yang berarti seorang pelayan wanita alias gundik.

Dalam kitab itu, al-Jahiz memaparkan ada dua tipe jariya. Buku itu mengisahkan kehidupan dua tipe jariya. Sedangkan kata ghilman merupakan bentuk jamak ghoulam atau seorang pelayan laki-laki muda. Buku ini menarik perhatian karena memaparkan cerita erotis masyarakat Arab. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement