Thursday, 16 Sya'ban 1441 / 09 April 2020

Thursday, 16 Sya'ban 1441 / 09 April 2020

Alquran Dinanti Anak-Anak Flores

Rabu 14 Aug 2019 16:12 WIB

Rep: Irwan Kelana/ Red: Agung Sasongko

PPPA Daarul Qur’an bertekad membumikan Alqur’an di Flores

PPPA Daarul Qur’an bertekad membumikan Alqur’an di Flores

Foto: PPPA Daarul Quran
PPPA Daarul Qur’an bertekad membumikan Alqur’an di Flores

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bentangan jarak dan sulitnya akses masuk membuat wilayah Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT) dan daerah pelosok lainnya sulit mengikuti perkembangan dakwah Islam di Nusantara.

Minoritas muslim yang ada di daerah ini membuat pemahaman Agama Islam dan tingkat kesadaran serta kepedulian masih sangat kurang, sehingga kegiatan Tebar Qur'an harus terus didukung agar berdampak pada kesadaran akan pentingnya Alqur'an dalam kehidupan.

Dari pesisir selatan Pulau Flores, terdapat sebuah pulau yang ditinggali sekitar 7.000 muslim. Pulau yang sering dijuluki sebagai Benteng Protolenza Do Ende Minor ini terdiri dari sembilan desa, yaitu Desa Ndoriwoy, Redodory, Rendoraterua, Paderape, Kazokapo, Rengamange, Puutara, Rorurangga, dan Aejeti.

Dengan ikhtiar dan semangat dakwah tahfizhul Qur’an, tim PPPA Daarul Qur’an bertekad membumikan Alqur’an di sana. Tepatnya pada 1-5 Agustus 2019 lalu, PPPA kembali salurkan 400 Alqur'an dan 300 Iqro untuk masyarakat Muslim di NTT khususnya di Desa Ndoriwoy, Desa Rendoraterua, Kecamatan Pulau Ende, Kabupaten Ende.

“Kedatangan kami bersama beberapa box Alqur’an disambut dengan suka cita. Mereka sangat antusias sekali menyambut Alqur’an baru yang sudah lama dinantikan, pasalnya Alqur'an yang selama ini digunakan untuk belajar dan menghafal sudah usang dan lapuk dimakan usia,” ujar Dena Fadillah, Pimpinan PPPA Daarul Qur’an Makassar.

Biasanya, untuk sekadar membeli Al-Qur’an baru, mereka harus menempuh perjalanan 1,5 jam dari Kota Ende ke Pulau Ende. Pun harus menyebrang laut dengan kapal angkutan umum atau yang biasa dikenal masyarakat Ende dengan sebutan Taxi.

Abu Bakar, Imam Masjid Al Amin di Pulau Ende mengucapkan terima kepada PPPA Daarul Qur'an beserta donatur atas sedekah Al-Qur'annya. Bantuan ini sangat bermanfaat untuk seluruh santri. Ia mengaku sangat senang, karena jarang sekali lembaga sosial yang sampai di Pulau Ende.

“Terima kasih kami ucapkan kepada seluruh donatur yang terus membersamai dan telah berdonasi untuk Tebar Al-Qur’an di Flores. Mudah-mudahan Allah membalas kebaikan bapak/ibu dengan sebaik-baiknya balasan. Insyaa Allah jadi amal jariyah yang pahalanya terus mengalir melalui setiap huruf yang dibaca para santri dari Al-Qur'an yang didonasikan,” ucap Abu Bakar.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA