Selasa 13 Aug 2019 09:22 WIB

Kokoya, Wadah Unik Distribusi Daging Kurban Khas Pulau Arar

Dompet Dhuafa mendistribusikan daging kurban ke Pulau Arar.

Dompet Dhuafa mendistribusikan daging kurban yang dibungkus kokoya.
Foto: dompet dhuafa
Dompet Dhuafa mendistribusikan daging kurban yang dibungkus kokoya.

REPUBLIKA.CO.ID, SORONG, PAPUA BARAT -- Sembari pemotongan daging sapi berlangsung, sebagian warga khususnya wanita, mengemas Kokoya. Kokoya adalah wadah unik khas Kampung Arar yang kali ini digunakan sebagai tempat menaruh potongan daging sapi kurban.

Kokoya terbuat dari daun sukun dan digunakan sebagai pengganti kantong plastik yang bermaksud sebuah kelestarian alami dan agar ramah lingkungan. Biasanya Kokoya digunakan sebagai wadah menaruh lauk pauk ataupun sebagai makanan hantaran.

Baca Juga

“Sederhana saja, namun inilah khas kami Kampung Arar. Kokoya kami gunakan untuk membagikan potongan daging kurban kepada warga hari ini,” ujar Mama Nano, salah satu warga Kampung Arar, Ahad (11/8).

photo
Dompet Dhuafa mendistribusikan daging kurban yang dibungkus kokoya.

Tim Dompet Dhuafa mendukung kearifan lokal yang mendukung keramahan lingkungan tersebut. Tim turut membantu mengemas Kokoya untuk kemudian mendistribusikan langsung potongan daging sapi kurban untuk warga Kampung Arar.

Perayaan hari raya Idul Adha 1440 H di Pulau Kampung Arar, Distrik Mayamuk, telah dilakukan penyembelihan seekor sapi hewan kurban yang didistribusikan oleh  Tim Dompet Dhuafa bersama mitra Fastabiqul Khairot Sorong, yang dibawa dari Distrik Mariyat Pantai dengan menempuh perjalanan air menggunakan perahu kecil. Kampung Arar ini luasnya kurang lebih 3 km persegi dengan penduduk 844 jiwa.

“Kami senang Dompet Dhuafa telah datang jauh dan memberikan bantuan seekor sapi kurban hingga Kampung Arar ini. Benar-benar perhatian lebih Dompet Dhuafa dan para donaturnya yang menjadikan hari raya ini menakjubkan bagi kami,” ujar Mama Nano, salah satu warga Kampung Arar.

Reita Annur selaku Tim Monev (Monitoring & Evaluation) THK Dompet Dhuafa, mengatakan, pada hari yang sama selain di Pulau Arar, distribusi dan penyembelihan hewan kurban juga berlangsung di belahan wilayah Sorong lain yaitu di Pulau Kampung Sop, Distrik Sorong Kepulauan, juga di Desa Mariyat Pantai, Distrik Aimas, dengan masing-masing seekor sapi.

“Di wilayah Sorong, Papua Barat, Dompet Dhuafa bersinergi dengan mitra Fastabiqul Khairot, mendistribusikan hewan kurban sejumlah 10 ekor sapi di 8 titik lokasi. Hari pertama Idul Adha 1440 H ini, kami laksanakan penyembelihan kurban di tiga lokasi, sesuai rencananya, penyembelihan selanjutnya akan dilaksanakan pada hari esok dan lusa,” ucap Reita.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement