Ahad 11 Aug 2019 16:39 WIB

BMH Jawa Timur Salurkan Kurban dari Rumah ke Rumah

BMH menyalurkan 15 ribu paket hewan kurban ke lebih dari 173 desa di Jatim.

Distribusi daging kurban BMH di pelosok Trenggalek, Jawa Timur.
Foto: Dok BMH
Distribusi daging kurban BMH di pelosok Trenggalek, Jawa Timur.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Sebaran titik distribusi hewan kurban Laznas  Baitul Maal Hidayatullah (BMH) dilakukan daerah pedalaman. Hal ini sesuai dengan prioritas distribusi BMH yang menjadikan desa da  pelosok serta pedalaman daerah menjadi target BMH dalam mengentaskan kemiskinan.

Tak terkecuali di wilayah Jawa Timur. Pada Idul Adha 1440 H, BMH Perwakilan Jawa Timur (Jatim) mendistribusikan 15 ribu paket hewan kurban secara serentak di desa pedalaman dan masyarakat pinggiran kota–kota di Jawa Timur.

“Melalui kegiatan Grebek Qurban ini, penerima daging hewan kurban tidak harus bersusah payah antri  dengan kupon dan pengambilan. Mereka didatangi langsung ke rumah–rumah oleh relawan BMH,” kata Manajer Program BMH Jawa Timur, Imam Muslim, Ahad (11/8).

photo
BMH menyalurkan paket hewan kurban ke pelosok daerah di berbagai wilayah di Indonesia.

Salah satu penerima manfaat daging Grebek Qurban adalah Husen.  Warga kampung pemulung di Keputih Surabaya itu  mengaku sangat kaget lantaran mendadak ada relawan BMH yang menyambangi kediamannya lalu membagikan bungkusan daging kurban.

“Saya ucapkan terima kasih kepada BMH. Selama ini kami bila ingin mengambil daging kurban harus mengantri panjang dan lama.  Tapi kali ini petugasnya yang mengantar langsung ke rumah kami. Sekali lagi terima kasih ya BMH,” ungkap Husen dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Ahad (11/8).

photo
BMH Jatim menyalurkan paket hewan kurban dari rumah ke rumah. Jadi, masyarakat tidak perlu antre untuk mendapatkan daging kurban.

Imam Muslim mengungkapkan,  tahun ini BMH mendapat kepercayaan yang besar dari masyarakat untuk menyalurkan hewan kurbannya. Tak kurang dari 2.235 kambing dan 157 sapi disalurkan oleh BMH ke  lebih dari 173 desa di Jawa Timur.

Hewan kurban ini diterima dari individu masyarakat yang mempercayakan kepada BMH melalui program Qurban Berkah Nusantara yang digulirkan untuk menambah nilai manfaat hewan kurban agar distribusi tidak menumpuk di kota saja tetapi bisa merata ke daerah pedalaman, daerah kekeringan dan pinggiran kota.

“Qurban Berkah Nusantara adalah program tahunan BMH untuk membantu masyarakat menyalurkan hewan kurbanya agar bisa terdistribusi hingga daerah pedalaman di mana masyarakatnya di sana lebih membutuhkan,”  kata Muslim.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement