Sabtu 10 Aug 2019 13:15 WIB

Waspadai Fitnah Dajjal

Semua Nabi telah mengingatkan bahaya Dajjal.

Rep: Dialog Jumat Republika/ Red: Agung Sasongko
Dajjal/ilustrasi
Foto: conmedisys.com
Dajjal/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Secara fisik, Dajjal diceritakan sebagai lelaki yang buta sebelah kanan. Matanya bak buah anggur yang menjorok. Di keningnya tertulis huruf kafara. Rasulullah SAW pernah memimpikan Nabi Isa dan Dajjal. Dalam mimpi itu, beliau diperlihatkan ada seorang lelaki dalam rupa yang paling baik di antara manusia.

Rambutnya keriting dan panjang sampai ke bahunya. Kepalanya seakan meneteskan air. Ia meletakkan tangannya di antara dua pundak lelaki di sampingnya. Dia melakukan tawaf di Ka'bah. Nabi SAW lantas bertanya, "Siapakah orang itu?" Mereka menjawab, "Dia adalah Al Masih bin Maryam."

Kemudian, Rasulullah SAW melihat ada seseorang berbadan tegap dengan rambut keriting, sedangkan mata kanannya buta. Keadaannya seperti yang dilihat sebelumnya, yaitu Ibnu Qathan. Tangannya menggandeng pundak dua lelaki sebelahnya dan melakukan tawaf di Ka'bah. Nabi bertanya, "Siapakah orang itu?" Me reka berkata, "Dia adalah Al-Masihud Dajjal." (HR Bukhari, Muslim, dan Ahmad).

Semua Nabi telah mengingatkan bahaya Dajjal. Dalam salah satu hadis yang bersumber dari Ibnu Umar disebutkan, "Tidaklah Allah mengutus seorang nabi kecuali dia mengingatkan umatnya (dari bahaya Dajjal). Nuh telah mengingatkan umatnya dan juga para nabi yang datang setelahnya.

Ketahuilah bahwa Dajjal akan keluar kepada kalian, dan sekali-kali tidak tersembunyi dari kalian. Dan Rabb kalian pun tidak akan menyembunyikannya dari kalian. (Beliau menyebutkan hingga tiga kali).…"

Hadis lain yang bersumber dari Hudzaifah RA. Ia berkata, "Rasulullah SAW bersabda, 'Dajjal buta mata sebelah kanan. Berambut ikal. Bersamanya ada surga dan neraka. Nerakanya adalah surga dan surganya adalah neraka.'"

Dari hadis lainnya yang bersumber dari An-Nawwas bin Sam'an Al-Killabi, Rasulullah bersabda, "…. Jika Dajjal keluar, dan aku masih bersama kalian, maka akulah yang akan melindungi kalian darinya. Namun, jika ia keluar dan aku tidak lagi bersama kalian, maka setiap orang harus bisa melindungi dirinya sendiri. Allah adalah pelindung bagiku dan setiap Muslim. Barang siapa dari kalian berjumpa dengannya, hendaklah ia bacakan awal surah al-Kahfi. Se bab, itu akan melindungi kalian dari fitnahnya."

Berapa lama Dajjal akan berada di muka bumi? Dalam hadis yang sama dijelaskan, Dajjal akan berada di bumi hingga 40 hari. Satu hari seakan setahun dan sehari seakan sebulan, sedangkan sehari seakan sepekan. Hari-harinya dia sama sebagai mana hari-hari normal. Pada satu hari yang seakan setahun itu, Nabi SAW menjelaskan, jika sha lat umatnya tidak akan cukup wak tu untuk sehari semalam. "Na mun, sesuaikanlah (setiap waktu shalat)."

Dajjal akan dibunuh oleh Nabi Isa AS. Isa binti Maryam akan turun di sisi menara putih sebelah timur Kota Damaskus. Dia menemukan Dajjal di pintu Lud (sebuah tempat di dekat Baitul Mqdis). Dia pun membunuhnya. (HR Muslim, Abu Da wud, At-Tirmidzi, Ibnu Majah, Ahmad).

Dajjal berasal dari kata dajala yang berarti tertutup oleh sesua tu, pembohong, penipu. Kata dajala tersebut dapat ditafsirkan ke dalam beberapa pengertian tentang sifat manusia. Almarhum Drs H Toto Tasmara menjelaskan dalam bukunya berjudul Dajal dan Simbol Setan jika gerakan Dajjal telah hadir dalam kehidupan manusia. Dajjal telah diketahui dengan ciri berikut.

Pertama, bermata satu atau buta sebelah. Salah satu lambang Dajjal yang disebut sebagai the one eye of Lucifer sesuai dengan penjelasan hadis tersebut. Mata satu melambangkan bahwa gerakan Dajjal bersifat materialistis murni yang sangat antiagama. Gerakan ini hendak menghapus eksistensi agama yang dinilai mengotak-kotakkan manusia. Mereka pun mempropagandakan universalitas nilai-nilai kemanusiaan.

Kedua, pendusta. Gerakan ini sudah membuat rekayasa yang canggih untuk mendukung dan menyebarkan kebohongan ajarannya. Lewat kecerdasan dan ke kuatannya yang dahsyat, mereka mampu menyebarkan kebohongan dan fantasi secara simultan di muka bumi.

Terakhir, mereka menawarkan surga padahal neraka. Dengan kekuatan inteligensinya yang tinggi, kaum Dajjal ini akan menawarkan berbagai kenikmatan surga dunia. Padahal, surga yang ditawarkan itu tak lain adalah neraka. Mereka yang ingin selamat harus berani menempuh bahaya menantang api karena itulah surga yang sebenarnya. Tipuan mereka tak akan membutakan mata hati orang beriman karena ada Allah di hati mereka. Wallahualam. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement