Jumat 09 Aug 2019 22:42 WIB

ITS Tanggap Bencana Bersinergi dengan Laznas BMH

Mereka mengirimkan bantuan dan hewan kurban untuk korban bencana Halmahera Selatan.

Tim ITS Tanggap Bencana menyalurkan bantuan kepada korbakorban gempa, tsunami dan likuifaksi di Palu, Sigi, dan Donggala, Sulawesi Tengah.
Foto: Dok ITS Tanggap Bencana
Tim ITS Tanggap Bencana menyalurkan bantuan kepada korbakorban gempa, tsunami dan likuifaksi di Palu, Sigi, dan Donggala, Sulawesi Tengah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- ITS Tanggap Bencana menggandeng Laznas Baitul Maal Hidayatullah (BMH)  untuk menyalurkan hewan kurban dan bantuan untuk korban bencana gempa Halmahera Selatan. Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Tanggap Bencana,  sejak gempa bumi Lombok Juli 2018 lalu, bergerak untuk memgambil bagian dalam upaya meringankan beban para korban bencana.

Lalu Muhammad Jaelani, manajer proyek  ITS Tanggap Bencana menjelaskan,  ITS membentuk tim ITS Tanggap Bencana, yang fokus mengumpulkan sumberdaya yang ada, baik dosen, mahasiswa, alumni dan masyarakat luas, untuk selanjutnya menyalurkannya ke masyarakat korban bencana.

Selain Lombok, tim ini juga menyalurkan bantuan ke korban gempa, tsunami dan likuifaksi di Palu, Sigi, Donggala; korban tsunami di Banten dan Lampung, serta kepada korban banjir di Sentani Papua.

Pengalaman menyalurkan lebih dari Rp 2 milar dana masyarakat sejak dibentuk, membuat para donatur mendorong tim untuk berbuat banyak untuk berbagi dengan sesama, terutama korban bencana termasuk bencana gempa di Halmahera Selatan.

Terkait gempa di Halmahera, ITS Tanggap Bencana bersinergi dengan BMH untuk menyalurkan bantuan dan juga hewan kurban untuk korban bencana gempa Halmahera.

“ITS Tanggap Bencana menyalurkan beras sebanyak tiga ton, susu dan makanan khusus bayi dengan total bantuan sebesar Rp 150 juta. Selain itu,  ada tiga ekor sapi dan tujuh ekor kambing juga disalurkan ke sana. Semoga ini dapat membantu saudara kita di sana,” ujar Lalu Muhammad Jaelani yang juga dosen Teknik Geomatika ITS melalui rilis BMH yang diterima Republika.co.id, Jumat (9/8). 

BMH mendistribusikan hewan kurban di beberapa wilayah yang terkena bencana seperti Konawe Selatan, Lombok dan Halmahera Selatan. Khusus untuk Halmahera Selatan malam ini tim lokasi distribusi.

“Malam ini tim distribusi telah meninggalkan Ternate menuju Pulau Bacan,  Halmahera Selatan dan besok pagi akan tiba di lokasi  untuk menyalurkan bantuan dan qurban termasuk dari ITS-TB,” ujar Suwito Fatah, direktur Markom BMH.

Ia menambahkan, “BMH mengucapkan terima kasih kepada ITS Tanggap Bencana yang telah bersinergi dengan BMH untuk membantu saudara kita yang terkena bencana gempa di Halmahera Selatan beberapa waktu lalu.” 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement