Jumat 09 Aug 2019 12:37 WIB

Ustaz Yusuf Mansur Khatib Shalat Idul Adha di Istiqlal

Jamaah shalat bisa memarkirkan kendaraannya di halaman Gereja Katedral.

Rep: Febryan A./ Red: Ani Nursalikah
Ustaz Yusuf Mansyur
Foto: Republika / Darmawan
Ustaz Yusuf Mansyur

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Bagian Humas dan Protokol Masjid Istiqlal Abu Hurairah Abdul Salam, mengatakan, shalat Idul Adha pada 11 Agustus akan dipimpin oleh Imam Rawatib Masjid Istiqlal Ahmad Husni Ismail. Shalat akan dimulai pukul 07.00 WIB.

"Sedangkan khutbah akan disampaikan oleh Ustaz Yusuf Mansur," kata Abu Hurairah kepada Republika.co.id, Jumat (9/8).

Baca Juga

Adapun tema khutbah tahun ini adalah 'Spirit Berkurban untuk Kesejahteraan Umat'. Abu menambahkan, meski ibadah shalat Idul Adha tahun ini bertepatan dengan ibadah di Gereja Katedral, tetapi dia memastikan tidak akan ada masalah. Ia telah membicarakannya dengan pengurus gereja sejak tiga pekan yang lalu.

"Karena kita kan harus pagi shalatnya, maka akhirnya mereka yang mengalah," ucap Abu.

Abu menuturkan, ibadah di Gereja Katedral nantinya akan dimulai sekitar pukul 14.00 WIB. "Jadi ketika Istiqlal sudah sepi, mereka melaksanakan ibadahnya," kata Abu.

Halaman Gereja Katedral akan tetap bisa dipakai untuk memarkirkan kendaraan jamaah yang mengikuti shalat Idul Adha. "Kita sudah biasa seperti ini, kadang kita yang mengalah, kadang mereka yang mengalah," ujar Abu.

Terkait presiden dan pejabat negara lainnya yang akan melaksanakan shalat Idul Adha di Masjid Istiqlal, Abu belum bisa memastikannya. "Besok (10/7) baru bisa dipastikan setelah kita laksanakan rapat dengan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres)," ujar Abu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement