Wednesday, 24 Safar 1441 / 23 October 2019

Wednesday, 24 Safar 1441 / 23 October 2019

Kitab i-Bahriye, Panduan Mengarungi Lautan

Rabu 31 Jul 2019 14:14 WIB

Red: Agung Sasongko

Galley Ottoman yang berbobot ringan.

Galley Ottoman yang berbobot ringan.

Foto: Tangkapan Layar
Kitab i-Bahriye merupakan karya Piri Reis, Laksamana Utsmaniyah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Laut merupakan salah satu medan yang dilalui Muslim saat melakukan perjalanan. Kitab-i- Bahriye atau A Book on Maritime Matters merupakan salah satu panduan terkenal untuk mengarungi lautan, yang dibuat oleh Piri Reis, seorang laksamana Turki Usmani dan juga kartografer. Peta pantai dalam skala besar melengkapi pembahasan perjalanan laut yang dilaluinya.

Banyak ilmuwan yang mengatakan bahwa Reis berhasil menggabungkan teks dan gambar dengan baik, memberikan banyak manfaat bagi mereka yang memanfaatkan petanya.

Versi kedua berangka 1526, terdapat sekitar 200 peta berskala besar. Untuk mena rik perhatian, Sultan Suleyman yang memerintah pada 1520 hingga 1566, dia menyajikan petanya secara cantik.

Ia juga membubuhi buku petanya itu dengan data-data historis dan kejadian personal yang dialaminya saat meng arungi lautan. Hal paling penting dalam bukunya adalah banyak arah yang ia gambarkan agar dengan selamat melalui laut di Aegean, Adriatik, dan Mediterania. Ia menekankan kecermatan dan ketelitian dalam peta yang ia gambar.

Selama hampir dua abad, peta ini membantu para pelaut berlayar dengan selamat di lautan terbuka Mediterania, Aegean, dan Laut Hitam, bahkan ke pantai timur Atlantik. Sebagian besar pelaut tetap menyusuri jalur-jalur aman yang pernah dilalui oleh Reis.

sumber : Mozaik Republika
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA