Ahad 28 Jul 2019 11:21 WIB

44 tahun MUI Mengabdi untuk Bangsa

Milad ke-44, MUI terus berjuang untuk umat.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Agung Sasongko
Gedung MUI
Foto: ROL/Abdul Kodir
Gedung MUI

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Majelis Ulama Indonesia (MUI) merayakan puncak hari ulang tahun ke-44 di Hotel Grand Sahid Jaya, Sabtu (27/7). Hadir dalam acara tersebut Wakil Presiden RI Jusuf Kalla, Ketua MUI Ma'aruf Amin, dan jajaran pengurus MUI lainnya.

Ketua Penitia Penyelenggara, Lukmanul Hakim menyebut peringatan ulang tahun kali ini istimewa dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Kali ini, MUI juga ingin mengucapkan rasa syukur dan terima kasih karena Ketua Umum MUI, KH Ma'aruf Amin diberi kepercayaan untuk memimpin negara selama lima tahun ke depan.

"Acara ini juga sebagai ungkapan syukur kepada Allah SWT dan terima kasih MUI kepada masyarakat Indonesia yang telah memberikan kepercayaan kepada Ketua Umum MUI, KH. Ma'ruf Amin, untuk memimpin bangsa ini selama lima tahun ke depan sebagai Wakil Presiden mendampingi Presiden terpilih Joko Widodo," ujarnya di lokasi acara, Sabtu (27/7).

Perayaan ulang tahun kali ini mengangkat tema “Meningkatkan Pengkhidmatan dan Kemitraan MUI dalam Rangka Penguatan Ukhuwah Islamiyah dan Persatuan Bangsa”.

Lukmanul menyebut sejak dibentuk pada 27 Juli 1975, pengabdian MUI dilandaskan pada dua peran utama. Peran yang pertama sebagai himayatullah ummah (melindungi umat), dan kedua sebagai sodiqul hukumah (mitra pemerintah).

Dalam perjalanannya, MUI telah melakukan langkah-langkah strategis dan konkret untuk melindungi umat Islam dari hal-hal yang buruk. Diantaranya menghindarkan konsumen dari konsumsi makan dan minuman yang haram, menghindari kebodohan dan kemiskinan, paparan paham radikal dan terorisme, serta dari diskriminasi dan ketidak-adilan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement