Tuesday, 7 Sya'ban 1441 / 31 March 2020

Tuesday, 7 Sya'ban 1441 / 31 March 2020

Pramuka Daarul Qur’an Ikuti Harleem Jambrotte di Belanda

Rabu 24 Jul 2019 14:27 WIB

Rep: Irwan Kelana/ Red: Agung Sasongko

Pramka Daarul Quran

Pramka Daarul Quran

Foto: Dok PPPA Daarul Quran
Haarlem Jamborette merupakan acara empat tahunan yang digelar pada musim panas.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebanyak 27 santri yang terdiri dari 18 santriwati dan 8 santri putra Pesantren Tahfizh Daarul Qur’an akan mengikuti ajang Harleem Jamborette di taman alam Sparnwoude, yang berlokasi  diantara kota Amsterdam dan Harleem, Belanda, 26 juli hingga 12 Agustus.

Haarlem Jamborette merupakan acara empat tahunan yang digelar pada musim panas dan diikuti oleh 3500 peserta yang berasal dari 15 negara.  Indonesia dan Singapura menjadi perwakilan dari Asia Tenggara dalam kegiatan ini dan Daarul Qur’an menjadi bagian yang mengirimkan anggota pramuka terbaiknya.

Pelepasan kontingen berlangsung secara terpisah. Untuk pramuka putri pelepasan berlangsung di pesantren tahfizh Daarul Qur’an Putri Cikarang, pada Sabtu (20/7) setelah sebelumnya dilepas bersama kontingen asal Jawa Barat lainnya di Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat, Selasa (16/7).

photo
Pramuka Daarul Quran

“Pramuka adalah wadah bagi santriwati untuk mengembangkan bakat dan minatnya. Jadi santri harus bias berkreasi, semoga dengan mengikuti kegiatan Internasional ini kita bias menduniakan Daarul Qur’an”pesan ustazah Dina Anggraeni, selaku pembina pramuka.

Adapun pelepasan pramuka putra berlangsung di pesantren tahfzih Daarul Qur’an, Ketapang, Tangerang, Jumat (19/7). Pelepasan dihadiri langsung oleh KH Yusuf Mansur dan para pimpinan lainnya seperti Ustaz Ahmad Jamil, Ustaz Tarmizi Ashidiq, Ustaz Syaiful Bahri dan lainnya.

Dalam pesan kepada para santri yang akan berangkat, ustad Ahmad Jamil mengatakan jadikan perjalanan ini sebagai perjalanan keilmuan. Serap segala hal baik yang ada di negeri orang dan bawa pulang ke Indonesia menjadi sebuah hikmah.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA