Jumat 19 Jul 2019 04:04 WIB

Nabi-Nabi yang Diutus di Mesir

Mesir adalah negeri para raja.

Patung Sphinx dan Piramida Giza di Mesir (ilustrasi).
Foto:

Nabi Harun AS, Fasih Berbicara

Nabi Harun AS adalah saudara kandung Nabi Musa AS. Harun adalah putra dari Imran bin Qashisy bin Azir bin Lewi bin Ya’kub bin Ishak bin Ibrahim al-Khalil. Menurut Sami bin Abdullah Al-Maghluts, Nabi Harun diutus sekitar tahun 1450 SM. Usianya lima tahun lebih muda dibandingkan Nabi Musa, yakni tahun 1531 SM, sedangkan Nabi Musa dilahirkan tahun 1527 SM.

Nabi Harun adalah orang kepercayaan dan menjadi tangan kanan Nabi Musa AS dalam menghadapi Firaun. Sebab, ia terkenal dengan gaya bahasa dan tutur katanya yang fasih dan teratur.

Dan saudaraku, Harun, lebih fasih lidahnya daripadaku, maka utuslah dia bersamaku sebagai pembantuku untuk membenarkan (perkataan)-ku. Sesungguhnya, aku khawatir mereka akan mendustakanku.” (QS Alqashash [28]: 34).

Saat Musa naik ke Lembah Tih untuk menerima 10 perintah Tuhan, Harun diberikan amanah oleh Nabi Musa untuk menggantikan kedudukannya menjaga kaum Bani Israil. Namun, karena desakan dan bujukan Samiri, Bani Israil justru menuruti perintah Samiri ketimbang ajakan Nabi Harun.

Dalam Alquran, nama Nabi Harun disebutkan sebanyak 19 kali, baik yang secara tersirat maupun tersurat. Sementara itu, Nabi Musa disebut dalam Alquran sebanyak 136 kali.

sumber : Islam Digest Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement