Thursday, 18 Safar 1441 / 17 October 2019

Thursday, 18 Safar 1441 / 17 October 2019

Pakistan dan Thailand Siap Gabung AYPI

Kamis 18 Jul 2019 22:05 WIB

Rep: Irwan Kelana/ Red: Agung Sasongko

Asosiasi Yayasan Pendidikan Islam (AYPI) silaturahim ke Majelis Ulama Indonesia (MUI) pusat.

Asosiasi Yayasan Pendidikan Islam (AYPI) silaturahim ke Majelis Ulama Indonesia (MUI) pusat.

Foto: Dok AYPI
Asosiasi Yayasan Pendidikan Islam (AYPI) Terus melebarkan sayapnya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Asosiasi Yayasan Pendidikan Islam (AYPI) Terus melebarkan sayapnya. Setelah deklarasi pada 4 Mei 2019, sudah memiliki perwakilan di sembilan provinsi, dan di Negara Asean, Malaysia, Singapura, Filiphina, dan Kamboja. Kini Pakistan dan Thailand siap bergabung dengan AYPI.

DPP AYPI yang dikomandoi H. Mirdas Eka Yora selaku Ketua Umum, mengawali langkah silaturahminya dengan menyambangi Kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat di Jakarta.

''Hari penuh berkah, Senin, 15 Juli 2019 diawali pertemuan pengurus pusat AYPI dengan Sekretaris Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat, Dr Anwar Abbas'' kata Mirdas seperti pada rilis yang diterima Republika.co.id, Rabu, (18/7) malam.

photo
AYPI saat bersilaturahim bersama Dubes Pakistan

Mirdas yang ditemani jajaran pengurus pusat AYPI, Dr Bunyanul Arifin, Isnaldi M Dini, Draga Rangkuti, mengatakan, MUI Pusat memberikan arahan kepada AYPI untuk menguatkan pendidikan adab Islam di samping sains dan teknologi.

''Dari pertemuan dengan Sekjen MUI Pusat, beliau memberi arahan agar AYPI memperkuat adab Islami di samping sains dan teknologi,'' kata mirdas menirukan ucapan Dr. Anwar Abbas.

Kedua, sambung Mirdas, MUI meminta  AYPI berperan melahirkan entrepreneurship muda yang memiliki akhlak mulia. ''Agar AYPI menjadi kekuatan yang signifikan dalam kehidupan bangsa kita,''terangnya.

Berlanjut pertemuan dengan Duta Besar Pakistan untuk Indonesia, Abdul Salih Khan, pada Senin, (15/7) petang. Pakistan juga dalam waktu dekat akan bergabung dengan AYPI.

''InsyaAllah Dubes Pakistan akan mendorong berbagai yayasan pendidikan Islam Pakistan bergabung dengan AYPI,'' kata Mirdas seraya menambahkan dalam waktu dekat akan diadakan Pakistan Day bersama AYPI.

Sementara itu, pada 25-27 Juli 2019 mendatang, AYPI akan memenuhi undangan Mufti Thalaind. ''Ke Thailand ini AYPI akan bertemu dengan mufti dari kelompok lembaga-lembaga Islam,''jelas Mirdas.

Kunjungan ke Thailand ini sudah dilakukan beberapa kali dengan mengunjungi sekolah-sekolah Islam dan sekaligus ingin milihat success story lembaga-lembaga Islam di sana.

''Sehingga menjadi tambahan inspirasi bagi yang lain bahwa lembaga Islam di Thailand seperti Yale University adalah salah satu contoh lembaga Islam berkualitas yang dikembangkan dari wakaf produktif,'' beber Mirdas.

''Dengan membuka jaringan yang lebih luas, AYPI ingin lembaga-lembaga Islam punya peran besar dalam pendidikan di masa depan.'' tandas Mirdas.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA