Wednesday, 17 Safar 1441 / 16 October 2019

Wednesday, 17 Safar 1441 / 16 October 2019

Permudah Berkurban, Sejumlah Laznas Gandeng Grup Gojek

Kamis 18 Jul 2019 17:40 WIB

Rep: Iit Septyaningsih/ Red: Nashih Nashrullah

Hewan Kurban (Ilustrasi)

Hewan Kurban (Ilustrasi)

Foto: Republika TV/Muhammad Rizki Triyana
Laznas menggandeng Gojek untuk pembayaran digital.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Sejumlah lembaga amil zakat nasional (Laznas) menggandeng Grup Gojek. Kerja sama itu berupa pemanfaatan layanan penyedia tiket Gotix untuk memudahkan pelaksanaan kurban.  

Baca Juga

Di antara Laznas yang menggunakan layanan ini antara lain Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), Rumah Zakat, Lembaga Amil Zakat Infaq Sedekah Nahdlatul Ulama (NU Care-LazisNU), Lembaga Amil Zakat Infaq Sedekah Muhammadiyah (Lazismu), dan Daarut Tauhiid Peduli (DT Peduli) menggandeng Grup Gojek. Kerja sama itu berupa pemanfaatan layanan penyedia tiket Gotix.

Vice President Corporate Comunications Gojek, Kristy Nelwan, mengatakan mulai 12 Juli 2019 sampai hari H Idul Adha pada 11 Agustus mendatang, para pengguna Gojek akan mendapatkan kemudahan akses dalam mengikuti kegiatan sekaligus menjalankan ibadah kurban melalui program Berkah Iduladha.  

Dia menjelaskan, pengguna bisa menemukan kolom 'Berkah Iduladha' di platform GO-TIX yang tersedia baik di aplikasi Gojek maupun di laman go-tix.id. Pada kolom tersebut, setiap Laznas menawarkan berbagai pilihan kegiatan yang memudahkan para pengguna mendirikan kurban. 

Sejak tahun lalu pemanfaatan Gotix dalam kegiatan berkurban selalu mendapatkan sambutan positif dari masyarakat,” kata dia dalam keterangannya kepada Republika.co.id, di Jakarta, Kamis (18/7). 

Sebelumnya, kata dia, Gojek hanya bekerja sama dengan Rumah Zakat. "Kini kami perluas kolaborasi. Kami percaya dengan kerja sama ini, pengguna dapat terus dimudahkan oleh ekosistem Gojek, mulai dari transaksi sehari-hari hingga berbuat kebaikan,” kata Kristy. 

Dia menuturkan, pengguna Gojek dapat memilih langsung paket berkurban di Gotix. Misalnya mengikuti paket kegiatan Kurban Berdayakan Desa oleh Baznas, Rumah Zakat Rayakan Superqurban oleh Rumah Zakat, Nusantara Berkurban oleh NU Care-LazisNU, Qurban untuk Kemanusiaan yang diselenggarakan oleh Lazismu, atau Qurban ke Pelosok Negeri oleh DT Peduli. 

Khusus pada 11 Agustus sampai 14 Agustus 2019, kata dia, pengguna Gojek pun bisa mengikuti acara pemotongan hewan kurban atau penyaluran daging kurban yang diselenggarakan setiap Laznas di ribuan titik di berbagai daerah. "Dengan teknologi Gotix, pengguna dapat memilih untuk mengikuti berbagai pilihan paket kurban yang ditawarkan laznas, dari satu ekor kambing, hingga satu ekor sapi baik secara berjamaah maupun secara individual," tutur Kristy.   

Kristy melanjutkan, kerja sana ini merupakan bagian dari upaya untuk mengakselerasi digitalisasi ekonomi umat. Di antaranya melalui fasilitasi pembayaran zakat, infak, dan sedekah secara nontunai. Lalu digitalisasi ekosistem jaringan organisasi, masjid dan sekolah, serta pelatihan Gojek Wirausaha bagi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) binaan masing-masing lembaga tersebut. 

Data Baznas 2018 menyebutkan, potensi ekonomi kurban Indonesia dapat mencapai Rp 60 triliun, yang tidak hanya memberikan dampak bagi kesejahteraan peternak tetapi juga meratanya pendistribusian daging kurban ke masyarakat desa juga yang membutuhkan. “Kami berharap pengguna Gojek dapat terfasilitasi dalam menjalankan ibadah kurban melalui lembaga-lembaga ini, sehingga mendapatkan keberkahan hari raya Idul Adha secara optimal," kata dia. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA