Kamis 18 Jul 2019 14:52 WIB

Berkurban dan Bersedekah ke Baznas Kini Bisa di Alfamart

Kemudahan berzakat bisa melalui 13 ribu gerai Alfamart seluruh Indonesia.

Rep: rahma sulistya/ Red: Dwi Murdaningsih
Salah stau gerai Alfamart.
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Salah stau gerai Alfamart.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Menjelang bulan Dzulhijah, sejumlah lembaga zakat mulai gencar melakukan penghimpunan donasi kurban. Salah satunya juga adalah Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) yang bekerja sama dengan Alfamart. Masyarakat yang ingin berkurban ataupun ingin bersedekah ke Baznas, kini bisa melalui gerai-gerai Alfamart.

Tidak hanya dengan Alfamart, sebuah perusahaan yang bergerak dalam sistem layanan pembayaran elektronis, PT Artajasa juga bekerja sama memberikan layanan kemudahan berzakat ke Baznas melalui 13 ribu gerai Alfamart di seluruh Indonesia.

Baca Juga

”Baznas berkomitmen melahirkan berbagai inovasi dalam memberikan kemudahan berzakat, hingga sedekat mungkin menyentuh gaya hidup masyarakat. Salah satunya melalui kerja sama dengan Alfamart dan Artajasa hari ini,” ucap Ketua Baznas, Bambang Sudibyo, dalam acara launching kerja sama Baznas dengan Alfamart dan PT Artajasa di Gerai Alfamart Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (12/7).

Kerja sama ini diharapkan dapat mendorong tingkatan pengumpulan zakat dari para muzaki di Indonesia, sehingga manfaatnya dapat dirasakan oleh lebih banyak mustahik melalui program-program pendistribusian dan pendayagunaan Baznas.  Pembayaran zakat, infak, sedekah dan kurban melalui Alfamart dapat dilakukan dengan mudah dan cepat.

Para pelanggan hanya perlu mendatangi kasir dan membayar seperti bertransaksi saat belanja. Petugas kasir akan memasukkan transaksi tersebut ke dalam sistem dan mencetak bukti pembayaran, kemudian menyerahkannya kepada pelanggan.

 

Direktur Bisnis PT Artajasa Pembayaran Elektronis, Anthoni Morris, mengatakan PT Artajasa sebagai penyedia layanan sistem pembayaran nasional, selalu mendukung diimplementasikannya sistem pembayaran yang memberikan kemudahan bagi masyarakat. Berkat kerjasama yang baik antara PT Artajasa, Baznas dan Alfamart, kemudahan untuk melakukan pembayaran zakat, infak, sedekah ataupun pembelian kurban dapat terwujud dengan baik.

“Pengembangan layanan pembayaran secara elektronis di satu sisi memberikan efisiensi dalam hal penyediaan sarana pembayaran, di sisi lain juga memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk melaksanakan amalan ibadah sesuai dengan keyakinannya. Artajasa berharap potensi penggalangan zakat, infak, atau sedekah dari masyarakat yang sangat besar dapat dilakukan dengan optimal,” kata Anthoni dalam kesempatan yang sama.

Sementara itu General Manager Corporate Communication Alfamart, Nur Rachman, mengatakan dengan adanya layanan elektronik yang didukung oleh 13 ribu lebih gerai Alfamart yang tersebar di Indonesia ini, dapat menjangkau masyarakat yang ingin memberikan zakat, infak, sedekah atau kurbannya.

 

“Kini untuk memberikan amal, dan sebagainya bisa dilakukan dengan cepat dan praktis di gerai-gerai Alfamart, membuktikan  untuk berzakat atau lainnya bisa dilakukan dimana saja dan praktis, selain itu lebih cepat. Ini salah satu tanda bahwa perkembangan teknologi juga memberi manfaat kita untuk mendapatkan ridha Allah swt,” ungkap Nur Rachman juga dalam kesempatan yang sama.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement