Rabu 17 Jul 2019 22:44 WIB

Masjid Orhan Gazi, Jejak Ottoman di Barat Laut Turki

Masjid Orhan Gazi akan segera dibuka tahun ini.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Nashih Nashrullah
Masjid Orhan Gazi
Foto: Daily sabah
Masjid Orhan Gazi

REPUBLIKA.CO.ID, SAKARYA – Pemulihan Masjid bersejarah era Turki Usmani (Ottoman) di barat laut Provinsi Sakarya, Turki bakal selesai dalam waktu dekat. Masjid itu nantinya akan dibuka kembali dan dapat digunakan untuk shalat berjamaah.  

Sebagaimana disampaikan Mufti Sakarya, Ihsan Acik, masjid bernama Masjid Orhan Gazi yang dibangun pada 1323 di Adapazari atas perintah Orhan Gazi seorang putra pendiri kekaisaran Ottoman akan dipulihkan sesuai struktur aslinya.   

Baca Juga

Acik mengatakan pengerjaan restorasi telah dilakukan Direktorat Yayasan Provinsi Bursa tanpa merusak bagian bersejarah dari masjid.  

“Para pejabat mengatakan bahwa mereka juga telah menemukan daun emas dan motif ukiran berusia berabad-abad saat melakukan restorasi di masjid,” seperti dilansir Daily Sabah pada Rabu (17/7). 

 

Masjid bersejarah itu mengalami kerusakan terus menerus sepanjang tahun terlebih karena bencana alam, terutama rusak karena Gempa Marmara berkekuatan 7,4 yang terjadi pada 1999. Bahkan menara masjid, yang dibangun dengan batu ashlar juga runtuh saat gempa.  

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement