Rabu 17 Jul 2019 22:00 WIB

Masjid Warisan Utsmaniyah di Sakarya Segera Dibuka

Masjid tersebut alam kerusakan karena gempa bumi tahun 1999.

Rep: mgrol123/ Red: Agung Sasongko
lambang bulan sabit di Masjid Turki
Foto: 123RF.com
lambang bulan sabit di Masjid Turki

REPUBLIKA.CO.ID, REPUBLIKA-CO.ID, SAKARYA -- Restorasi masjid era Turki Utsmani di provinsi Barat Laut Turki Sakarya akan  segera tuntas dan segera dibuka kembali untuk sholat, kata pejabat lokal pada hari Selasa (16/7).

Masjid Orhan Gazi yang dibangun pada tahun 1323 di Adapazari sebagaimana berdasarkan perintah Orhan Gazi, anak dari penemu kerajaan Utsmani, akan dipugar kembali berdasarkan strukturnya yang asli sebegaimana yang dikatakan oleh Mufti Sakarya Ihsan Acik kepada Anadolu Agency.

Acik mengatakan kepada Daily Sabah kalau pekerjaan restorasi sudah dilakukan oleh pihak Direktorat Provinsi Bursa tanpa merusak fitur sejarah dari masjid tersebut.

Sperti yang dikutip oleh Daily Sabah, Para pejabat provinsi mengatakan kalau mereka juga telah menemukan daun emas yang telah berabad dan pahatan kayu ketika mereka sedang melakukan restorasi terhadap masjid tersebut.

Masjid Bersejarah tersebut terdegradasi selama bertahun tahun diguncang banyak bencana alam. Salah satunya adalah gempa bumi bermagnitdo 7,4 skala richter yang mengguncang Marmara pada tahun 1999. Akibatnya, menara masjid yang dibangun dengan batuan ashlar juga hancur ketika gempa bumi terjadi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement