Jumat 28 Jun 2019 15:00 WIB

Pesan Umar Bin Khattab di Akhir Kepemimpinannya

Umar bin Khattab dikenal sebagai pribadi yang bersahaja, keras dan tegas.

Oase (ilustrasi)
Foto: Wordpress.com
Oase (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Khalifah Umar bin Khattab dikenal sebagai pribadi yang bersahaja, meskipun begitu keras dan tegas dalam menghadapi kebatilan. Di sisi lain, ia bersikap lemah lembut terhadap kelompok-kelompok yang tidak diperlakukan adil, sekali pun berbeda agama.

Menjelang kepemimpinannya usai, Khalifah Umar mewariskan ketegasan yang menginspirasi. Kepada khalifah penggantinya, Umar menuliskan pesan penting.

Pertahankanlah lima ciri khas yang akan menyelamatkan agama Anda, sedangkan Anda sendiri akan mengambil manfaat dari hal itu lebih baik daripada nasib Anda.

Apabila datang kepadamu dua orang yang sedang bersengketa, Anda harus meminta bukti-bukti yang dapat dipertanggungjawabkan. Dekatilah orang-orang yang lemah supaya mereka lebih berani memberikan keterangan, karena hatinya akan mantap dan lidahnya akan lancar.

Layanilah orang asing dengan baik, karena kalau Anda tidak melayaninya, dia akan meninggalkan haknya dan kembali kepada keluarganya. Dia meninggalkan haknya karena tidak ada yang memberikan kasih sayang kepadanya.

Lunakkanlah pandangan dan luangkan waktumu untuk orang lain. Semaikanlah perdamaian di antara orang-orang yang sedang menghadapi masalah yang tidak jelas.

sumber : Islam Digest Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement