Selasa 25 Jun 2019 15:30 WIB

Begini Sikap Umar Bin Khattab Ketika Dimarahi Istri

Umar meneladankan kepada kita agar bersikap sabar dan lembut kepada perempuan.

Oase (ilustrasi)
Foto:

Tanpa kata-kata, Jarud menggelengkan kepala. Dia adalah Khaulah binti Hakim. Seorang perempuan yang pengaduannya telah didengar oleh Allah SWT, seperti diabadikan dalam surah al-Mujadilah ayat 1.

Sesungguhnya Allah telah mendengar perkataan perempuan yang memajukan gugatan kepada kamu tentang suaminya, dan mengadukan (halnya) kepada Allah. Dan Allah mendengar soal jawab antara kamu berdua. Sesungguhnya Allah Maha Mendengar lagi Maha Melihat.

Singkat cerita, setelah bertemu dengan Khaulah binti Hakim, Umar pergi menuju tempatnya yang sederhana. Beberapa hari setelah itu, Umar didatangi seorang laki-laki asing yang tidak dia kenal.

Namun, tentu, laki-laki itu sangat mengenal Umar sebagai seorang pemimpin. Laki-laki itu datang keesokan harinya dengan tujuan ingin mengadukan istrinya karena sering marah-marah.

Setelah beberapa kali mendatangi kediaman Umar, laki-laki itu tidak pernah menjumpai Sang Khalifah. Si laki-laki hanya bertemu dengan istrinya yang menyampaikan pesan, Umar belum pulang. Beliau masih sibuk dengan urusan rakyatnya.

Kali ini, laki-laki itu tidak putus asa. Dia ingin sekali bertemu Umar dan yakin Sang Khalifah akan berada di tempat tinggalnya. Ini setelah jarak beberapa meter sampai ke rumah Umar, lelaki itu melihat sosok Sang Khalifah. Dia yakin itu adalah orang yang dia tuju.

 

sumber : Islam Digest Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement