Senin, 15 Safar 1441 / 14 Oktober 2019

Senin, 15 Safar 1441 / 14 Oktober 2019

Masjid Jama Ahmedabad, Perpaduan Seni Islam dan Hindu

Jumat 21 Jun 2019 10:22 WIB

Rep: Andrian Saputra/ Red: Nashih Nashrullah

Masjid Jama Ahmedabad India

Masjid Jama Ahmedabad India

Masjid Jama Ahmedabad banyak mosaik bernuansa Hindu.

REPUBLIKA.CO.ID, GUJARAT –  Hampir 600 tahun sejak dibangun, Masjid Jama di Ahmedabad, Gujarat hingga kini masih tegak berdiri. Masjid ini memiliki beragam keunikan terutama pada arsitektur bangunannya. Tak seperti gaya arsitektur masjid lainnya di India, Masjid yang dibangun pada 1424 M itu mempunyai perpaduan arsitektur yang elegan dari gaya arsitektur Islam, Hindu, dan Jain. 

Meski pada 1819 dua tiang utama yang mengapit di gerbang masuk masjid runtuh karena gempa, namun bagian lainnya tak mengalami kerusakan.  Masjid Jama memiliki tiang-tiang dengan ukiran yang indah. Desain ukiran menunjukan elemen arsitektur bercorak candi hindu. Masjid ini juga memiliki dekorasi dinding yang diukir dalam pola geometri dan bunga, meskipun tak semengesankan dengan Masjid Sidi Saiyyed di Ahmedabad. 

Baca Juga

“Perpaduan dari beragam arsitektur dan tradisi yang khas di masjid ini mungkin paling terlihat pada desain aula utamanya yang besar dengan 260 kolom, mengingatkan kita pada interior sebuah kuil Hindu,” seperti dilansir Atlas Obscura pada Jum'at (21/6). 

Memang selama periode kesultanan di Gujarat, kuil-kuil Hindu kerap dibongkar dan element arsitekturnya digunakan dalam pembangunan masjid. Yang menarik, gaya arsitektur tersebut terus berkembang di Ahmedabad di mana masjid dan makam dihiasi dengan elemen-elemen arsitektur bercorak Hindu.  

Sementara Masjid Jama yang terletak di jantung kota tua di Ahmedabad merupakan bagian yang tak terpisahkan dari visi besar Sultan Ahmad Shah yang kala itu ingin membangun sebuah kota baru di tepi Sungai Sabarmati. 

Sultan Ahmad Shah I mulanya seorang wakil administrator di Tughlaqs untuk Kesultanan Delhi. Namun dia kemudian memutuskan untuk merdeka dan mendirikan kesultanan di Gujarat, atau disepanjang pantai barat India. Kota yang dibangunnya itu pun berkembang pesat pada masa pemerintahannya. Salah satu dari tanda kemakmuran dapat terlihat jelas dalam arsitektur bangunan yang menghiasi lanskap kota. 

Masjid Jama yang dibangun dengan batu pasir kuning membuatnya tampak seperti berselimut emas terutama  pada saat musim panas. Komplek masjid mencakup halaman yang luas serta tangki air untuk berwudhu yang berada di tengah halaman. Terdapat kaligrafi Arab berwarna hitam yang menghiasi dinding-dinding. Masjid ini juga mempunyai 15 kubah, beberapa di antaranya diukir seperti bunga lotus bercorak Hindu.  

Masjid ini bertingkat tiga dengan balkon di tingkat atas. Pada arah kiblat masjid juga dihias dengan ukiran-ukiran yang rumit. Portico atau serambi bertiang di Masjid Jama yang dihiasi dengan tanaman pilar membuatnya makin membedakan dengan masjid-masjid lainnya di India. 

 

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA