Kamis, 24 Rabiul Awwal 1441 / 21 November 2019

Kamis, 24 Rabiul Awwal 1441 / 21 November 2019

Zakatku Targetkan Himpun Dana Rp 300 Juta

Senin 20 Mei 2019 13:11 WIB

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Agus Yulianto

Sebuah lembaga zakat yang didirikan di Kota Bandung, Zakatku, optimtis kesadaran masyarakat Bandung dan sekitarnya dalam membayar zakat bisa terus tumbuh.

Sebuah lembaga zakat yang didirikan di Kota Bandung, Zakatku, optimtis kesadaran masyarakat Bandung dan sekitarnya dalam membayar zakat bisa terus tumbuh.

Foto: Foto: Arie Lukihardianti/Republika
Zakatku sudah meningkat jumlah gerai yang memberikan layanan.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Sebuah lembaga zakat yang didirikan di Kota Bandung, zakatku , optimtis kesadaran masyarakat Bandung dan sekitarnya dalam membayar zakat bisa terus tumbuh. Karenanya, di bulan ramadhan 1440 H ini, Zakatku menargetkan bisa menghimpun dana sebesar Rp 300 juta.

Menurut Kepala Divisi Penghimpunan Zakatku, Hafidz Shafari, tahun ini, target penghimpunan zakat meningkat dari tahun lalu yang hanya Rp 50 juta. Namun, dia optimistis, target penghimpunan zakat sebesar Rp 300 juta selama bulan ramadhan bisa tercapai. Karena, Zakatku sudah meningkat jumlah gerai yang memberikan layanan.

"Saat bulan ramadhan tahun lalu, dulu gerai hanya 4 sekarang kan gerai kami ada 10 yang tersebar di seluruh Bandung. Bahkan, ada berbagai jerja sama dengan bank yang membuka Gerai Zakatku," ujar Hafidz di acara Kajian Energi Kebaikan Ramadhan dengan tema "Lahir Batin Juara di Hari Raya" dengan menghadirkan Ustaz Evie Efendi di Mall Ubertos, Ahad (19/5).

Selain itu, pihaknya optimistis target bulan ramadhan tahun ini bisa tercapai walaupun nilainya meningkat cukup besar. Karena, Zakatku sudah memiliki layanan online dalam menghimpunan zakat. "Untuk setahun, kami menargetkan bisa menghimpun dana sebesar Rp 5 miliar," katanya.

Hafidz menilai, kesadaran masyarakat khususnya di Kota Bandung dalam membayar zakat saat ini mulai tumbuh. Terutama, di kawasan pusat Kota Bandungnya. 

"Paling yang kesadaran membayar zakatnya masih kurang ada di Bandung. Mereka pemahamannya masih kurang, kami harus menyadarkan tentang zakat penghasilan. Soalnya tahunya hanya zakat fitrah ," paparnya.

Hafidz berharap, kesadaran masyarakat bisa terus meningkat dengan adanya kajian di bulan ramadhan ini. Program ini, digelar untuk kedua kalinya. Panitia, bisa mendatangkan Ustaz Evie Efendi sebagai pemateri.

"Alhamdulillah yang hadir samlai membludak. Bahkan, jauh dari target yang kami tetapkan," katanya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA