Friday, 18 Rabiul Awwal 1441 / 15 November 2019

Friday, 18 Rabiul Awwal 1441 / 15 November 2019

Karya-Karya Banu Musa

Senin 13 May 2019 16:06 WIB

Red: Agung Sasongko

Banu Musa terdiri atas tiga bersaudara: Jafar Muhammad bin Musa bin Shakir, Ahmad bin Musa bin Shakir, dan al-Hasan bin Musa bin Shakir. (Ilustrasi)

Banu Musa terdiri atas tiga bersaudara: Jafar Muhammad bin Musa bin Shakir, Ahmad bin Musa bin Shakir, dan al-Hasan bin Musa bin Shakir. (Ilustrasi)

Foto: http://sufistik.com
Banu Musa menemukan sejumlah mesin otomastis dan alat mekanik lainnya.

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Penemuan cara pembuatan air mancur Banu MusaTiga Bersaudara Perancang Air Mancur Rancangan mereka berpengaruh besar bagi kemajuan arsitektur Islam.

Baca Juga

Buah pemikiran Banu Musa bersaudara tak sebatas pada rancangan air mancur. Mereka juga menemukan sejumlah mesin otomatis dan alat mekanik lainnya. Misalnya katup, mesin yang bisa diprogram, seruling otomatis, lampu badai, lampu otomatis, tekanan diferensial, dan masker gas.

Banu Musa bersaudara juga menemukan sebuah alat yang dikenal sebagai alat musik mekanik paling awal. Alat musik ini disebut sebagai hydropowered organ. Alat musik ini masih diproduksi hingga pertengahan abad ke- 19.

Banu Musa bersaudara juga meninggalkan karya-karya mereka dalam bidang matematika. Di bidang ini, mereka menulis Kitab Pengukuran Pesawat dan Figur Berbentuk Bola.

Di antara karya Banu Musa, ini merupakan salah satu risalah matematika paling terkenal. Dalam kitab ini, mereka membahas teori-teori dari Archimedes, para ahli matematika, fisika, dan astronomi Yunani.

Abu Ja’far Muhammad ibn Musa ibn Shakir, sulung dari tiga bersaudara ini, juga dikenal sebagai perintis astrofisika dan mekanika langit. Pada salah satu bukunya, Abu Ja’far menjelaskan penemuannya tentang benda-benda langit yang menjadi subjek dalam hukum fisika bumi. Ia pun membahas gerakan bintang dan hukum tarik-menarik di antara benda langit.


BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA