Ahad 12 May 2019 19:59 WIB

Berdayakan Mitra BMD, Baznas Gelar Kampoeng Ramadhan

BMD lembaga keuangan non-profit bagi pembiayaan mustahik untuk mengembangkan usaha.

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Agus Yulianto
Para mustahik Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) menggelar acara Kampung Ramadhan untuk untuk memeriahkan ibadah di bulan suci 1440 Hijriah. 
Foto: dok. Baznas
Para mustahik Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) menggelar acara Kampung Ramadhan untuk untuk memeriahkan ibadah di bulan suci 1440 Hijriah. 

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) menggelar acara Kampung Ramadhan di Desa Jabon Mekar, Parung, Bogor yang merupakan salah satu tempat pengembangan program Baznas Mircofinance Desa (BMD). Kepala Divisi Pendayagunan Baznas Randi Swandaru mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pendapatan usaha para pelaku usaha mikro mitra BMD khususnya di momentum bulan suci Ramadan.

“Kegiatan ini juga dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan para mustahik, karena terdapat bazar yang menampilkan produk-produk hasil produksi para mustahik," kata Randi setelah meresmikan Kampoeng Ramadhan Baznas Desa Jabon Mekar, Sabtu, (11/5).

Randi menjelaskan, Kampoeng Ramadhan ini, setidaknya diramaikan oleh 30 peserta BMD yang menjajakan produknya, mulai dari makanan, pakaian, hingga alat-alat kebutuhan rumah tangga. Selain itu, adapula 15 tim santriwan dan santriwati desa setempat turut memeriahkan acara dengan mengikuti lomba marawis Kampoeng Ramadhan. 

"Kampoeng Ramadhan ini memfasilitasi pelaku usaha mikro dan mitra BMD Jabon Mekar dalam mengembangkan jaringan pemasaran produk-produk dengan menyediakan tempat berjualan di even bazar," ujar Randi.

 

BMD sendiri merupakan lembaga keuangan non-profit yang menyediakan sarana pembiayaan terhadap mustahik untuk mengembangkan usahanya. Selain untuk membantu perekonomian warga setempat, Kampoeng Ramadhan juga dimeriahkan dengan berbagai kegiatan, seperti beragam perlombaan, doorprize, tausiah, dan sejumlah kegiatan lain. 

Ina Yuliana, Kepala Desa Jabon Mekar mengaku, senang atas hadirnya lembaga keuangan BMD. Dia berharap setelah kegiatan Kampoeng Ramadhan Baznas usai, lokasi ini bisa terus digunakan sebagai tempat usaha, tempat perputaran ekonomi sehingga dampaknya dapat dirasakan oleh semua masyarakat.

"Alhamdulillah Baznas mendukung desa kami, cita cita kami telah tercapai atas kegiatan ini dan adanya BMD disini. Lapak ini akan kami optimalkan untuk aktivitas ekonomi warga di Desa Jabon Mekar,” katanya.

Kampoeng Ramadhan Baznas tidak hanya membuka bazar bagi para pelaku usaha mikro, gerai zakat untuk konsultasi dan membayar zakat dibuka, para pengunjung juga dihibur dengan acara talkshow dan pentas seni. Selain dibuka di Jabon Mekar, Kampoeng Ramadhan juga diselenggarakan di BMD Lombok di Kecamatan Kuripan pasa 11–15 Mei 2019, dan BMD Sigi, Sulawesi Tengah Desa Kabobona 16–18 Mei 2019.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement