Jumat 10 May 2019 01:53 WIB

Membaca Quran Digital Rasa Cetak

Karya anak bangsa ini fokus pada Alquran digital.

Rep: Zuli Istiqomah/ Red: Irwan Kelana
Sejumlah warga membaca Alquran digital Quran Best di gawainya usai acara Peluncuran aplikasi Quran Best di Masjid Al Ukhuwah, Jalan Wastukancana, Kota Bandung, Rabu (8/5).
Foto: Abdan Syakura
Sejumlah warga membaca Alquran digital Quran Best di gawainya usai acara Peluncuran aplikasi Quran Best di Masjid Al Ukhuwah, Jalan Wastukancana, Kota Bandung, Rabu (8/5).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Kemajuan teknologi memang memberikan berbagai kemudahan bagi umat manusia. Kegiatan sehari-hari dapat dengan mudah dilakukan melalui sebuah kotak persegi panjang dalam genggaman tangan. 

Sekelompok pengembang aplikasi digital di Kota Bandung pun tergugah memudahkan ibadah umat Muslim melalui genggaman telepon seluler. Karya anak bangsa ini fokus pada Alquran digital. Bernama Quran Best Indonesia, aplikasi ini menjadi media membaca Quran melalui ponsel sehingga bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun. 

PT Barokah Inovasi Teknologi mengembangkan QuranBest dengan fitur terlengkap dari aplikasi yang pernah ada. Selain memiliki fitur terlengkap,  QuranBest memiliki tampilan yang menyerupai Quran cetak hingga membaca QuranBest menjadi senyaman membaca Quran cetak.

Founder QuranBest, Idham Fitriadhi mengatakan, aplikasi ini sengaja dikemas layaknya Quran edisi cetak. Sebab kebanyakan masyarakat lebih menyukai membaca Quran cetak, namun agak kesulitan jika harus dibawa ke mana-mana.

"QuranBest ini bisa kita nikmati senyaman Quran cetak. Kami yang bergiat di pencetakan Alquran menyiapkan ini semudah Alquran cetak. Ke depan tidak hanya warna putih tapi backgroundnya seperti quran paper," kata Idham saat peluncuran  QuranBest di Masjid Al Ukhuwah, Kota Bandung, Rabu (8/5).

Idham menuturkan,  tampilan QuranBest dibuat layaknya Quran cetak. Dengan latar belakang dan hiasan garis pinggiran seperti kertas. Ada pula pembatas yang bisa digunakan seperti penanda bacaan di Quran cetak.

Menurutnya, QuranBest saat ini sudah memiliki fitur yang cukup lengkap dibanding aplikasi Quran digital lainnya. QuranBest memiliki 7 jenis  Alquran  dalam satu aplikasi sehingga memudahkan penggunanya menggunakan QuranBest sesuai kebutuhan. 

Ia menyebutkan, ada fitur Quran dengan tulisan Khat Indonesia yang bisa digunakan memlnggunakan tajwid dan non-tajwid. Selain itu disediakan juga bagi pengguna yang ingin membaca dengan khat Madinah. Fitur lainnya adalah disediakannya Quran perkata sisip baris. Fitur ini menjadi satu-satunya yang baru ada di Indonesia.

"Kemudian ada juga Quran perayat. Nah Quran perayat itu bisa kita cari tentang shalat, shalatnya nanti keluar semua. Mencari doa, doa keluar semua.  Cuma kita sedang perbaiki ingin seperti Google, kalau misalkan sekarang pakai EYD karena terjemahan Kemenag jadi harus shalat, nggak boleh solat, nggak ketemu nanti. Nah kalau google kan similarnya sudah kena. Kita akan buatkan itu juga," tuturnya.

Ia menambahkan di dalamnya juga terdapat fitur kiblat dan pengingat jadwal shalat wajib hingga bisa mengingatkan penggunanya untuk melaksanakan shalat wajib di mana pun berada. Fitur menarik lainnya adalah adanya bookmark ayat-ayat Alquran  dengan tema-tema populer yang secara umum banyak dibutuhkan, seperti ayat-ayat yang berhubungan dengan rezeki, larangan riba, 

Pengguna QuranBest juga bisa melihat angka dan grafik pencapaian membaca Al Qur’an per harinya. Fitur belajar tajwid, fitur sosial sharing untuk mengajak berlomba-lomba dalam kebaikan dan lain sebagainya.  

Saat ini, ia mengatakan pihaknya sedang melengkapi QuranBest dengan fitur audio. Sehingga, pengguna bisa mendengarkan tilawah Quran hingga 30 juz dari para Qori terbaik.

"Kebetulan karena audio kita baru ada per-ayat dari tujuh imam di Timur Tengah jadi kalau diklik dia putus-putus karena sistemnya per-ayat. Nah nanti kita akan buatkan tombol khusus audio. Nanti Muzzamil Hasballah yang 30 juz. Jadi pengen denger Muzammil 30 juz tinggal klik tanpa terpotong. Itu terutama untuk tunanetra," ujarnya.

Ia mengatakan aplikasi ini dihadirkan secara gratis bagi umat Muslim. Pengguna tinggal mendownload melalui PlayStore atau Appstore untuk menggunakannya.

Diharapkannya dengan adanya aplikasi ini umat Muslim bisa semakin giat membaca Quran. Terutama saat ini bertepatan dengan momen bulan Ramadhan yang diisi dengan ibadah.

Wali Kota Bandung Oded M  Danial menyambut baik diluncurkannya QuranBest. Aplikasi buatan Kota Bandung ini dinilainya sangat membantu penggunanya membaca Alquran dimana saja. Karena, hadir dalam bentuk digital dalam aplikasi ponsel.

"Aplikasinya luar biasa ini sangat membantu buat kita. Sangat membantu umat Islam untuk lebih dekat dengan Alquran," kata Oded yang juga hadir dalam peluncuran.

Oded mengaku  lebih menyukai membaca Quran dalam bentuk digital. Mengingat padatnya kegiatan sebagai orang nomor satu di Kota Bandung yang mengharuskan dirinya berada di luar rumah.

"Saya lebih efektif praktek memakai gadget ini. Kalau Quran (cetak) kan gede ada yang kecil juga bisa 30 jilid. Kalau HP kan dimanapun yang penting HP ini jangan dibawa ke WC dalam bentuk kita baca Quran," tuturnya.

 

Hadiah Umroh Untuk ASN

 

Untuk memancing minat masyarakat Kota Bandung membaca Quran, ada hadiah umroh yang diberikan pengguna QuranBest. Hadiah ini diberikan bagi ASN Pemkot Bandung yang gemar membaca Quran selama Ramadhan.

Idham mengatakan pihaknya akan mendeteksi ASN Pemkot Bandung yang paling banyak membaca Quran melalui QuranBest. Nanti akan ada juri yang menilai dan memutuskan pemenangnya.

"Ketika para ASN baca akan terdeteksi sudah berala halaman, misalnya 53 halaman selama Ramadhan. Jadi terdeteksi per membuka. Algoritmanya akan mendetect," ujarnya.

Oded mengajak ASN untuk mengunduh aplikasi QuranBest dan menggunakannya di sela-sela pekerjaan. Sehingga, waktu luang bisa diisi kegiatan yang bermanfaat.

"Mang Oded sudah mendownload QuranBest ini di dalamnya cukup lengkap beragam tampil Al Qur’an standar Indonesia dan Madinah, serta layanan lainnya yang mempermudah dalam membaca Alquran .  Selain membuat nyaman saat dibaca QuranBest Indonesia juga merupakan karya anak bangsa yang dikembangkan warga Bandung," kata Oded.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement