Ahad 28 Apr 2019 19:42 WIB

Warga Cikarang Pusat Gelar Pawai Tarhib Ramadhan

Sesuai tradisi, pawai tarhib Ramadhan digelar sepekan menjelang bulan Ramadhan.

Tarhib Ramadhan. (Dok)
Foto: republika
Tarhib Ramadhan. (Dok)

REPUBLIKA.CO.ID, CIKARANG -- Ratusan warga Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat melakukan pawai tarhib Ramadhan untuk menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 1440 Hijriah. Sesuai tradisi, mereka berpawai pada Ahad (28/4) petang usai menjalankan shalat Magrib.

"Biasanya pawai tahrib dilakukan sepekan jelang Bulan Ramadhan, khususnya oleh warga di lingkungan Kecamatan Cikarang Pusat dan sekitarnya," kata Koordinator pawai, Suryanto (48) di Cikarang, Ahad petang.

Suryanto mengatakan, pawai tarhib atau menyambut datangnya Ramadhan ini dilakukan dengan berjalan kaki mengelilingi kampung sambil membawa atribut bernuansa Islami. Tahun ini, mereka memulai pawai dari pendopo Masjid Al-Madani Desa Jayamukti, Kecamatan Cikarang Pusat.

"Nanti selesainya juga di titik tersebut," kata dia.

Pawai tarhib kali ini diikuti sejumlah elemen warga, mulai dari pelajar, mahasiswa, pengurus Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) dan Majelis Taklim, hingga masyarakat umum. Panitia mendata sekitar 500 peserta mengikuti pawai tahrib Ramadhan.

Menurut Suryanto, pawai tarhib mengondisikan warga untuk siap lahir dan batin melaksanakan segala aktivitas ibadah di Bulan Ramadhan. Melalui kegiatan ini, diharapkan warga bisa menyambut datangnya Bulan Ramadhan dengan penuh suka cita.

"Istilah olahraganya, ini adalah warming up (pemanasan) jadi ketika masuk Ramadhan, kita sudah siap dalam segala hal," ucapnya.

Pawai tarhib berlangsung meriah. Peserta berkeliling kampung dengan penuh antusias, begitu pula sambutan warga yang ikut menyaksikan pawai.

"Bulan Ramadan merupakan bulan suci yang penuh ampunan, kita sebagai Muslim harus bisa memanfaatkan momen ini dengan melaksanakan ibadah Bulan Ramadhan secara maksimal," ujar dia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement